Wajib Tahu! Ini Makanan Penyebab Gagal Ginjal yang Jarang Diketahui, Jangan Sampai Anda Mengonsumsinya

- 27 Juni 2022, 12:20 WIB
Ilustrasi - Ini makanan penyebab gagal ginjal yang jarang diketahui.
Ilustrasi - Ini makanan penyebab gagal ginjal yang jarang diketahui. /UNSPLASH/Robina Weermeijer

BERITA DIY - Bahaya gagal ginjal dapat menyerang siapa saja, ini makanan penyebab gagal ginjal yang jarang diketahui, cegah cuci darah mulai sekarang.

Salah satu kelainan fungsi organ ekskresi, gagal ginjal merupakan penyakit berbahaya yang dapat menyerang setiap orang. Anda perlu ketahui penyebab agar terhindar dari penyakit ini.

Banyak faktor yang dapat memicu terjadinya ginjal, mulai dari kebiasaan gaya hidup yang buruk hingga pengaruh makanan atau minuman yang di konsumsi.

Anda dapat melihat beberapa makanan yang dapat merusak ginjal sehingga menyebabkan gagal ginjal. Segera hindari makanan ini agar Anda dapat mencegah dampak buruknya termasuk cuci darah.

Baca Juga: Gejala-gejala Penyakit Ginjal Bengkak hingga Bocor Karena Long Covid-19, Ini Kata Ikatan Dokter Indonesia

Penyakit gagal ginjal tidak meuncul secara tiba-tiba. Penderita gagal ginjal akan mengalami gejala tertentu yang berbeda-beda sesuai dengan keparahan penyakitnya.

Organ ginjal merupakan organ penting bagi manusia. Ginjal berperan dalam proses filter atau penyaringan darah pada tubuh manusia untuk memisahkan darah dari sampah-sampah yang tidak digunakan oleh tubuh.

Kerusakan pada ginjal akan membuat proses penyaringan darah menjadi terganggu. Pada penderita gagal ginjal yang sudah parah, mereka harus melakukan cuci darah untuk menggantikan fungsi ginjal.

Berikut daftar makanan penyebab gagal ginjal, dikutip BERITA DIY dari video yang diunggah akun YouTube dokter Saddam Ismail pada 12 Januari 2022 dengan judul Makanan yang Jadi Penyebab Gagal Ginjal.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Berita Pilgub