Tips dan Cara Mengatasi Cegukan yang Mengganggu Aktivitas, Terjadi Lebih dari 2 Hari Indikasi Bahaya?

- 26 Juni 2022, 10:00 WIB
Ilustrasi cegukan, tips dan cara mengatasi cegukan yang bisa mengganggu aktivitas.
Ilustrasi cegukan, tips dan cara mengatasi cegukan yang bisa mengganggu aktivitas. /pixabay.com/RobinHiggins

BERITA DIY - Cegukan bisa dialami oleh siapa saja dan di waktu yang tidak terduga. Hal ini dikarenakan cegukan adalah kondisi spontan, tubuh mengalami kejang otot diafragma yang tidak dapat dikendalikan.

Cegukan bisa berlangsung dalam waktu yang singkat hingga lama yang bisa mengganggu sejumlah aktivitas seperti makan, minum, dan berbicara.

Agar cegukan tidak mengganggu aktivitas berlarut-larut, kita bisa mengatasi cegukan dengan berbagai cara tanpa harus minum obat atau konsultasi ke dokter.

Simak cara mengatasi cegukan agar tidak mengganggu aktivitas dengan mudah tanpa harus minum obat dan konsultasi dokter serta apakah berbahaya bagi kesehatan dalam artikel ini.

Baca Juga: 5 Tips dan Cara Mudah Atasi Mata Panda Karena Kelelahan Begadang Secara Alami: Ada Kantong Teh dan Es Batu

Dilansir PAHAMI CEGUKAN, yang ditulis oleh Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran RSUP Soeradji, berikut penjelasannya.

"Cegukan atau singultus adalah keadaan reflek yang memicu kontraksi otot diafragma, intercostalis dan menutup glottis secara mendadak sehingga timbul suara khas yaitu mengeluarkan bunyi ‘hik’ tanpa disengaja," tulis laman rsupsoeradji.id.

Cegukan bisa terjadi dalam kurun waktu beberapa detik hingga menit dan bisa terjadi pada siapa saja termasuk bayi dan anak.

Otot Diafragma berperan dalam proses pernafasan atau sirkulasi dalam tubuh manusia.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x