Manfaat Nangka untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Salah Satunya untuk Kulit dan Jantung

- 23 Juni 2022, 18:44 WIB
Manfaat buah nangka untuk kesehatan yang jarang diketahui.
Manfaat buah nangka untuk kesehatan yang jarang diketahui. /PIXABAY/kieutruongphoto

BERITA DIY – Ketahui manfaat buah nangka bagi kesehatan tubuh, diantaranya mengontrol gula darah, meningkatkan imun tubuh, mencegah masalah kulit dan jantung.

Nangka merupakan buah eksotis asli India Selatan yang dapat tumbuh di daerah tropis serta popularitasnya meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

Buah nangka termasuk dalam keluarga tanaman Moraceae sama seperti bauh ara, murbei dan sukun. Ciri khas dari buah nangka ini adalah memiliki kulit luar runcing berwarna hijau dan kuning.

Keunikan lainnya dari buah nangka adalah ukurannya yang tergolong besar dengan berat buah terbesar di dunia yang pernah ditemukan hingga 35 kilogram.

Baca Juga: Manfaat Daun Ciplukan Sebagai Bahan untuk Mengobati Penyakit dan Cara Membuat Ramuannya

Buah nangka memiliki rasa manis dan buah yang halus, jika dideskirpsikan rasa buah nangka mirip dengan kombinasi buah apel, nanas, mangga dan pisang.

Tekstur unik dari buah nangka ini juga tak jarang menjadikan buah nangka sebagai pengganti daging bagi para vegan dan vegetarian.

Nangka dapat dikonsumsi secara langsung dan diolah menjadi berbagai macam masakan yang kaya akan gizi dan memiliki manfaat bagi kesehatan.

Kandungan gizi dan nutrisi dalam buah nangka antara lain adalah 155 kalori, 40 gram karbohidrat, tiga gram serta dan protein, vitamin A, vitamin C, magnesium, kalium, antioksidan dan nutrisi lannya.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x