Besok 24 Juni 2022 Ada Apa? Ini Jam Berapa Fenomena Planet Sejajar Terjadi dan Dampak Bagi Manusia di Bumi

- 23 Juni 2022, 20:35 WIB
Ilustrasi - Besok 24 Juni 2022 ada apa? Ini penjelasan jam berapa fenomena planet sejajar terjadi dan dampak bagi manusia di Bumi.
Ilustrasi - Besok 24 Juni 2022 ada apa? Ini penjelasan jam berapa fenomena planet sejajar terjadi dan dampak bagi manusia di Bumi. /Unsplash/Javier Miranda

BERITA DIY - Besok 24 Juni 2022 ada apa menjadi pertanyaan banyak orang. Berikut ini penjelasan jam berapa fenomena planet sejajar terjadi dan dampak bagi manusia di Bumi.

Pada Jumat, 24 Juni 2022, tepatnya sebelum Matahari terbit, masyarakat bisa menyaksikan fenomena planet sejajar. Bukan cuma 2 atau 3 planet, tapi 5 planet sejajar sekaligus.

Fenomena 5 planet sejajar merupakan hal yang istimewa. Menurut laporan Space.com, fenomena tersebut terakhir kali terjadi pada 5 Maret 1864, alias 158 tahun lalu.

Adapun, 5 planet yang akan sejajar yaitu Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Selain kelima planet itu akan ada Bulan yang juga tampak sejajar.

Baca Juga: Ada Apa dengan Tanggal 24 Juni 2022? Simak Penjelasan Fenomena Planet Sejajar: Apa Bisa Dilihat?

Lalu adakah dampak fenomena planet sejajar bagi manusia di Bumi?

Jawabannya, tidak ada. 5 planet sejajar merupakan fenomena astronomi yang biasa terjadi, meski tidak setiap tahun bisa ditemui.

Sementara itu, Peneliti Pusat Riset Antariksa, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang, mengungkap fenomena 5 planet sejajar juga bisa disaksikan masyarakat di Indonesia.

Bahkan, masyarakat bisa menyaksikan tanpa alat bantu seperti teropong, tapi dengan mata telanjang.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x