Surat Yasin Lengkap 83 Ayat Keutamaan Dibaca di Malam Jumat: Tulisan Arab dan Terjemah Bahasa Indonesia

- 23 Juni 2022, 17:09 WIB
Ilustrasi - Surat Yasin lengkap dari 83 ayat lengkap tulisan Arab dan terjemah bahasa Indonesia, serta  keutamaan atau fadhilah membaca di malam Jumat.
Ilustrasi - Surat Yasin lengkap dari 83 ayat lengkap tulisan Arab dan terjemah bahasa Indonesia, serta keutamaan atau fadhilah membaca di malam Jumat. / PIXABAY/@tayebMEZAHDIA

BERITA DIY – Berikut surat Yasin lengkap dari 1-83 ayat lengkap dengan tulisan Arab dan terjemah bahasa Indonesia. Dengan ada surat Yasin lengkap ayat 1-83 ini untuk memudahkan umat muslim yang membacanya, terutama di malam Jumat.

Membaca surat Yasin dari 1-83 ayat di malam jumat akan memiliki fadhilah atau keutamaan selain di malam-malam lainnya. Seperti halnya yang diungkapkan oleh Ahli hadits Syaikh al-Manawi, yang dikutip BERITA DIY dari laman Tebuireng yang menjelaskan bahwa amaliah di malam atau hari Jumat tidak hanya surat Al-Kahfi, tetapi ada surat lain, yakni membaca surat Yasin:

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

Barangsiapa membaca surat Yasin dan Shaffat di malam Jumat, maka Allah memberikan kepadanya permintaannya.” (HR. Abu Dawud dari Ibnu Abbas. Abdurrauf al-Munawi)

Tidak hanya itu, mengenai fadilah membaca Surat Yasin di malam Jumat juga dijelaskan dalam hadist yang menyebutkan bahwa:

Dari Ma’qil bin Yasar r.a. bahwa Rasulullah Saw. bersabda: Surat al-Baqarah adalah puncak keutamaan al-Quran, setiap ayatnya disertai delapan puluh malaikat, dan Ayatul Kursi dikeluarkan dari bawah ‘Arasy lalu bergabung bersamanya atau bergabung dengan surat al-Baqarah, sedangkan Yasin adalah inti Al-Qur’an tidaklah seseorang membacanya semata-mata karena menginginkan ridha Allah dan akhirat melainkan ia akan diampuni, dan bacakanlah ia untuk orang-orang yang meninggal di antara kalian.” (HR. Ahmad)

Baca Juga: Bacaan Tahlil Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahannya Setelah Surat Yasin untuk Tahlilan dan Yasinan

Hadits yang dikutip BERITA DIY dari Laman resmi Tebuireng, bahwa hadits yang diriwayatkan oleh Anas r.a. berkata, Rasulullah Saw. bersabda:

لكل شىء قلب وإن قلب القرآن و يس ، . ومن قرأ ديس ، كتب له بقراءته قراءة القرآن عشر مرات

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x