Urutan Susunan Bacaan Doa Tahlil dan Doa Arwah Malam Jumat untuk Orang Meninggal Dunia: Bahasa Arab-Indonesia

- 23 Juni 2022, 14:58 WIB
Ilustrasi - Ini susunan atau urutan bacaan doa tahlil dan doa arwah di malam Jumat untuk orang meninggal dunia.
Ilustrasi - Ini susunan atau urutan bacaan doa tahlil dan doa arwah di malam Jumat untuk orang meninggal dunia. /BERITA DIY/MR Firmansyah

BERITA DIY - Simak urutan susunan bacaan doa tahlil dan doa arwah malam Jumat untuk orang meninggal dunia dalam bahasa Arab dan Indonesia.

Masyarakat Indonesia seringkali mengadakan tahlilan untuk mendoakan orang meninggal dunia. Kegiatan ini lazim dilaksanakan pada malam Jumat. Ada urutan atau susunan tertentu bacaan doa tahlil dan doa arwah.

Berikut disampaikan urutan atau susunan bacaan doa tahlil dan doa arwah malam Jumat untuk mendoakan orang meninggal dunia. Salah satu surat yang dibaca adalah Surat Yasin 83 ayat.

Tak ada acuan waktu terbaik untuk membaca doa tahlil dan doa arwah. Namun tradisi tahlilan di malam Jumat sudah seperti kebiasaan masyarakat Muslim Indonesia.

Baca Juga: Doa Susah Tidur dan Gelisah Karena Insomnia Tulisan Arab, Latin dan Artinya Terjemahan Bahasa Indonesia

Meskipun Rasulullah SAW tak mengajarkan tradisi tahlilan dan yasinan secara eksplisit, namun kegiatan itu memiliki tujuan yang normatif.

Menurut penelitian Ahmad Mas'ari dan Syamsuatir (2017) dalam judul "Tradisi Tahlilan: Potret Akulturasi Agama dan Budaya Khas Islam Nusantara", ada tujuan sendiri mengapa masyarakat Indonesia memanjatkan doa tahlil dan doa arwah.

Tujuan yang bersifat normatif itu memiliki arti di mana masyarakat menyatakan berduka kepada orang yang telah meninggal dunia beserta simpati dan empati untuk keluarga yang ditinggalkan.

Kegiatan tahlilan merupakan tradisi yang syar'i. Dengan kata lain tahlilan dan yasinan adalah syariat yang ditradisikan.

Baca Juga: Bacaan Doa Ziarah Kubur Singkat Sesuai Ajaran Islam dan Urutan Membaca hingga Salam untuk Ahli Kubur

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x