Jam Berapa Fenomena Planet Sejajar 24 Juni 2022, Apa yang Akan Terjadi, Apakah Berbahaya Dampaknya Bagi Bumi?

- 22 Juni 2022, 12:04 WIB
Ilustrasi Apa itu fenomena planet sejajar 24 Juni 2022, apakah berbahaya, apa dampaknya bagi bumi?
Ilustrasi Apa itu fenomena planet sejajar 24 Juni 2022, apakah berbahaya, apa dampaknya bagi bumi? /PEXELS/Pixabay

BERITA DIY- Fenomena langka akan terjadi pada tanggal 24 Juni 2022 yakni adanya 5 planet sejajar. Fenomena tersebut kini menjadi sangat viral di berbagai media sosial dan banyak dicari di mesin pencarian Google.

Artikel ini akan memberikan beberapa informasi mengenai fenomena planet sejajar 24 Juni 2022. Simak apakah dampaknya berbahaya bagi bumi dapat Anda baca pada artikel di bawah ini.

Fenomena planet sejajar 24 Juni 2022 nantinya dapat disaksikan secara langsung. Fenomena tersebut dapat dilihat tanpa menggunakan alat bantu pencitraan seperti teropong.

Dilansir theguardian.com, jam yang paling jelas untuk melihatnya secara langsung yakni setelah habis subuh sebelum matahari terbit sekitar pukul 04:30 waktu setempat. Hal tersebut dikarenakan untuk menghindari cahaya matahari yang tentunya akan menghalangi pandangan secara langsung.

Baca Juga: Tanggal 24 Juni 2022 Ada Peristiwa Apa? Momen Langka 5 Planet Sejajar di Langit, Bisa Dilihat Jam Berapa?

“Satu-satunya kesempatan untuk melihat kelima planet pada saat yang sama adalah setelah Merkurius terbit namun sebelum matahari terbit,” ujar Dr Greg Brown yang dimuat dalam theguardian.com.

Namun perlu dicatat bahwa untuk melihat fenomena tersebut harus dengan cuaca yang cerah. Fenomena tersebut tidak dapat dilihat apabila terhalang oleh awan ataupun ketika cuaca sedang mendung.

Peristiwa tersebut akan memperlihatkan 5 planet akan sejajar yakni Mars, Venus, Merkurius, Jupiter, dan Saturnus. Sebenarnya fenomena planet sejajar biasa apabila hanya 3 planet yang  terlihat.

Namun peristiwa 5 planet sejajar secara bersamaan sangat langka terjadi. Peristiwa planet sejajar secara bersamaan terakhir terjadi pada 24 Juni 2022 terakhir kali terjadi 18 tahun yang lalu atau pada Desember 2004.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x