Syarat Hewan Kurban Pada Hari Raya Idul Adha 2022: Jenis, Usia, Kondisi, dan Kepemilikan Hewan

- 22 Juni 2022, 08:55 WIB
Ilustrasi ketahui syarat hewan yang dikurban sebelum berkurban pada Hari Raya Idul Adha 2022: jenis, usia, kondisi, dan kepemilikan hewan.
Ilustrasi ketahui syarat hewan yang dikurban sebelum berkurban pada Hari Raya Idul Adha 2022: jenis, usia, kondisi, dan kepemilikan hewan. /PIXABAY/@nikiko

BERITA DIY - Ketahui apa saja syarat hewan yang akan digunakan sebagai hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 2022. Apa saja jenis hewan yang boleh dikurbankan, berapa usia minimalnya, bagaimana kondisi dan kepemilikannya?

Pastikan untuk mengetahui terlebih dahulu syarat yang harus dipenuhi untuk hewan yang akan di kurban sebelum Anda berkurban. Hal itu perlu dilakukan karena syarat sah nya ibadah yang dilakukan yaitu terpenuhinya syarat.

Karena setiap ibadah dalam agama Islam termasuk menyembelih hewan kurban saat Idul Adha dianggap sah jika syarat-syaratnya sudah dipenuhi.

Melakukan kurban dalam agama Islam hukumnya sunnah muakad atau ditekankan karena memiliki keutamaan. Keutamaan berkurban digambarkan dalam salah satu hadis Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Keutamaan Kurban Hari Raya Idul Adha: Hukum, Syarat Hewan Kurban, Hingga Waktu yang Baik untuk Menyembelih

“Barangsiapa yang memiliki kelapangan harta, sedangkan dia tidak berkurban, janganlah dekat-dekat musala kami,” (H.R Ahmad, Ibnu Majah dan Hakim).

Berkurban merupakan salah satu ibadah yang juga dianjurkan dalam ajaran Islam. Hal ini terdapat dalam firman Allah SWT.

“Maka dirikanlah salat karena Tuhanmu dan berkurbanlah,” (Q.S Al-Kautsar ayat 2).

Berikut ini uraian tentang hewan kurban mulai dari jenis hewan, usia, kondisi, dan kepemilikan dikutip dari laman BAZNAS :

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x