Bacaan Niat Sholat Idul Adha dalam Arab, Latin, dan Terjemahan Indonesia Beserta Tata Cara Pelaksanaannya

- 22 Juni 2022, 08:40 WIB
Ilustrasi - Bacaan niat sholat Idul Adha dalam Arab, latin, dan terjemahan bahasa Indonesia beserta tata cara pelaksanaannya.
Ilustrasi - Bacaan niat sholat Idul Adha dalam Arab, latin, dan terjemahan bahasa Indonesia beserta tata cara pelaksanaannya. /PIXABAY/@purwakawebid

BERITA DIY – Berikut merupakan informasi mengenai bacaan niat sholat Idul Adha dalam Arab, latin, dan terjemahan bahasa Indonesia beserta tata cara pelaksanaannya.

Sholat Idul Adha merupakan salah satu sholat sunnah yang dikerjakan pada hari raya umat Islam yaitu Idul Adha pada 10 Zulhijah.

Hari raya ini jatuh tepat pada 70 hari setelah perayaan Hari Raya Idul Fitri dan merupakan hari-hari yang diharamkan untuk berpuasa bagi umat Muslim.

Hukum mengerjakan sholat Adha adalah sunnah muakkad, baik bagi laki-laki maupun perempuan. Sholat ini sendiri boleh dikerjakan dengan berjamaah dan bisa juga dikerjakan sendirian.

Baca Juga: Bacaan Niat dan Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap Tulisan Arab, Latin, serta Artinya Bahasa Indonesia

Untuk orang yang tidak sedang melakukan ibadah haji lebih baik mengerjakan sholat Idul Adha berjamaah, sedang bagi mereka yang sedang berhaji sebaiknya melakukan sholat Idul Adha sendiri-sendiri.

Waktu mengerjakan sholat ied dimulai sejak terbitnya matahari pada tanggal 10 Dzulhijjah sampai dengan masuknya waktu Dzuhur di hari tersebut. Berikut tata cara sholat Idul Adha sebagaimana dilansir oleh Berita DIY dari laman tebuireng.co:

1. Membaca Niat

Sholat Idul Adha diawali dengan membaca niat. Jika dilafalkan, bunyinya sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x