Keutamaan Kurban Hari Raya Idul Adha: Hukum, Syarat Hewan Kurban, Hingga Waktu yang Baik untuk Menyembelih

- 22 Juni 2022, 08:31 WIB
 Ilustrasi - Keutamaan kurban ketika hari Hari Raya Idul Adha, dilengkapi dengan hukum, syarat hewan kurban, hingga waktu yang baik untuk menyembelih.
Ilustrasi - Keutamaan kurban ketika hari Hari Raya Idul Adha, dilengkapi dengan hukum, syarat hewan kurban, hingga waktu yang baik untuk menyembelih. /PIXABAY/@Miller_Eszter

BERITA DIY – Berikut merupakan informasi mengenai keutamaan kurban ketika hari Hari Raya Idul Adha, dilengkapi dengan hukum, syarat hewan kurban, hingga waktu yang baik untuk menyembelih.

Setiap tahunnya, semua umat Islam yang tidak melaksanakan haji merayakan hari raya Idul Adha. Pada hari itu, umat Islam sangat disunnahkan untuk berqurban di mana mereka menyembelih hewan kurban untuk kemudian dibagi-bagikan kepada seluruh umat Islam di suatu daerah.

kurban berasal dari bahasa Arab, “Qurban” yang berarti dekat (قربان). Kurban dalam Islam juga disebut dengan al-udhhiyyah dan adh-dhahiyyah yang berarti binatang sembelihan.

Kata kurban muncul tiga kali dalam Al-quran, sekali mengacu pada pengorbanan hewan dan dua kali mengacu pada pengorbanan dalam arti umum dari setiap tindakan yang dapat membawa seseorang lebih dekat kepada Tuhan.

Baca Juga: Khutbah Idul Adha yang Menggetarkan Jiwa Tentang Pengorbanan Nabi Ibrahim AS, Lengkap Link Download PDF

Berikut keutamaan ibadah kurban:

Dari Aisyah ra, Nabi saw bersabda, “Tidak ada suatu amalan pun yang dilakukan oleh manusia pada hari raya Kurban yang lebih dicintai Allah SWT dari menyembelih hewan Kurban. Sesungguhnya hewan Kurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah kurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) Kurban itu.” (HR Tirmidzi).

Berikut dasar hukum berkurban:

1. Hadits Nabi dari Jabir

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x