Fenomena Planet Sejajar 24 Juni 2022 Bisa Dilihat Langsung Tanpa Alat? Ini Jamnya dan Dampak bagi Bumi

- 21 Juni 2022, 21:19 WIB
Ilustrasi - Penjelasan fenomena planet sejajar pada Sabtu, 24 Juni 2022, apa bisa dilihat langsung tanpa alat beserta jam terjadinya dan dampak bagi Bumi.
Ilustrasi - Penjelasan fenomena planet sejajar pada Sabtu, 24 Juni 2022, apa bisa dilihat langsung tanpa alat beserta jam terjadinya dan dampak bagi Bumi. /PIXABAY/WikiImages

BERITA DIY - Fenomena planet sejajar pada Sabtu, 24 Juni 2022, bisa dilihat langsung tanpa alat? Simak ini jam terjadinya fenomena dan dampak bagi Bumi.

Planet sejajar merupakan fenomena yang tidak setiap tahun terjadi. Biasanya ada dua dan tiga planet yang berada pada posisi sejajar.

Namun, untuk fenomena planet sejajar pada 24 Juni 2022 nanti terbilang istimewa. Sebab ada 5 planet yang sejajar dan ini merupakan peristiwa jarang.

Dikutip dari Space.com, fenomena 5 planet sejajar terakhir kali terjadi pada 158 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 5 Maret 1864.

Baca Juga: Fenomena Planet Sejajar Tanggal 24 Juni: Cara Melihat dan Jam Berapa di Indonesia hingga Dampak untuk Bumi

Adapun 5 planet yang akan dalam posisi sejajar terdiri dari Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Selain itu akan ada Bulan yang juga ikut bergabung dalam posisi sejajar.

Untuk melihat fenomena planet sejajar 5 sekaligus ini bisa dilakukan dengan mata telajang, alias tak membutuhkan peralatan seperti teleskop.

Hal yang sama juga diungkapkan Peneliti Pusat Riset Antariksa, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang, dalam keterangan tertulisnya.

Ia menekankan fenomena planet sejajar dapat disaksikan dengan mata telanjang dengan syarat cuaca cerah, bebas dari polusi cahaya dan medan pandang yang bebas dari penghalang.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x