24 Juni 2022 Peristiwa Apa? Catat, Ada Fenomena 5 Planet Sejajar dan Akankah Berdampak Pada Manusia

- 21 Juni 2022, 17:30 WIB
Ilustrasi 24 juni 2022 ada peristiwa apa? Catat, ada fenomena langka yang terjadi, yakni 5 planet sejajar dalam galaksi Bima Sakti (Milky Way).
Ilustrasi 24 juni 2022 ada peristiwa apa? Catat, ada fenomena langka yang terjadi, yakni 5 planet sejajar dalam galaksi Bima Sakti (Milky Way). /PEXELS/Pixabay

BERITA DIY –  24 juni 2022 ada peristiwa apa? Catat, ada fenomena langka yang akan terjadi, yakni fenomena 5 planet sejajar dalam galaksi Bima Sakti (Milky Way).

Peristiwa langka dengan lima planet sejajar atau berderet akan terjadi pada 24 Juni 2022 di galaksi Bima Sakti. Planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

Melalui laman The Guardian yang dikutip BERITA DIY pada 2 Juni 2022 menyebutkan bahwa fenomena tersebut terbilang langka. Sebab jarang sekali terdapat lima planet yang sejajar dalam galaksi Bima Sakti.

Pada umumnya, dalam galaksi Bima Sakti lebih serang tiga planet yang sejajar, kini bertepat pada 24 Juni 2022 akan terjadi lima planet yang sejajar.

Baca Juga: Jam Berapa Planet Sejajar 24 Juni 2022 Bisa Dilihat, Fenomena Langka Tiap 20 Tahun: Apa Berbahaya?

"Hal ini adalah kesempatan langka untuk melihat hal yang sama lebih dekat ke rumah, dengan mata telanjang kita bisa melihat kelima planet sekaligus," ungkap peneliti di Institut Astronomi Universitas Edinburgh, Prof. Beth Biller yang dikutip BERITA DIY dari The Guardian pada 2 Juni 2022.

Dengan adanya peristiwa tersebut, nanti saat melihat planet tersebut dari bumi, lima planet tersebut akan nampak berdekatan dengan garis imajiner di langit. Hal ini disebab tata surya akan mengorbit matahari dalam bidang yang sangat sempit atau disebut dengan ekliptika.

Melihat peristiwa langka tersebut, tidak semua waktu bisa untuk menyaksikan tetapi ada waktu-waktu tertentu yang tepat melihat peristiwa tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Dr Greg Brown, sebagai petugas astronomi publik di Royal Museums Greenwich, menjelaskan bahwa Venus dan Jupiter akan menjadi yang paling mudah dilihat, dengan Venus di atas cakrawala sekitar pukul 04:00 pagi waktu Inggris dan Mars dan Jupiter terlihat sekitar pukul 02:45 pagi.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x