Ini Waktu Terjadinya Fenomena Planet Sejajar 24 Juni 2022, Berapa Tahun Sekali, dan Apa Dampaknya Bagi Bumi?

- 21 Juni 2022, 14:49 WIB
Fenomena planet sejajar 24 juni jam berapa, berapa tahun sekali, dan apa dampaknya bagi bumi?
Fenomena planet sejajar 24 juni jam berapa, berapa tahun sekali, dan apa dampaknya bagi bumi? /PIXABAY/95C

BERITA DIY- Ada fenomena menarik yang kini menjadi topik yang banyak dicari di berbagai laman media maupun mesin pencarian Google. Fenomena tersebut adalah 5 planet yang akan sejajar dalam satu waktu yang bersamaan.

Fenomena menarik pada tanggal 24 Juni 2022 yakni 5 planet akan berjajar secara bersamaan tersebut dapat terlihat dari bumi. Fenomena planet sejajar yang dapat disaksikan secara langsung terdiri dari planet Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

Perlu dicatat bahwa untuk melihat dan menikmati fenomena terjadinya 5 planet yang berjajar secara langsung tidak bisa dilakukan sepanjang malam pada 24 Juni 2022 nanti. Adapun waktu terbaik untuk melihat fenomena tersebut yakni pada saat subuh sebelum matahari terbit.

Pada saat fenomena planet sejajar tersebut terjadi, yang paling mudah untuk dilihat adalah planet Venus dan Jupiter. Planet Venus tepat berada sejajar dengan bumi sekitar pukul 04:00 sedangkan planet Mars dan Jupiter akan terlihat pada pukul 02:45.

Baca Juga: Fenomena Planet Sejajar 24 Juni 2022 Mulai Jam Berapa? Ini Cara Melihat dan Jenis Kamera untuk Foto

Waktu di atas merupakan penunjuk waktu wilayah Inggris karena riset tentang fenomena tersebut pertama kali dipublikasikan dan dilakukan di Inggris. Sedangkan di Indonesia sendiri dapat melihat fenomena tersebut secara langsung pada saat subuh dengan catatan cuaca yang cukup cerah.

Planet Merkurius akan sulit dilihat karena baru muncul pada pukul 04:30 dan akan kalah dengan cahaya matahari terbit. Sedangkan Saturnus akan terlihat lebih terlihat redup karena posisinya yang paling jauh dibandingkan dengan planet lainnya.

Menariknya, fenomena planet sejajar kali ini dapat dilihat secara langsung dari berbagai lokasi. Selain itu, fenomena planet sejajar 24 Juni 2022 dapat dilihat secara langsung tanpa bantuan alat pencitraan seperti teropong

Perlu diketahui bahwa fenomena 5 planet sejajar dalam satu waktu yang bersamaan pada 24 Juni 2022 nanti merupakan fenomena yang sangat jarang terjadi. Fenomena langka sejajarnya 5 planet dalam satu waktu yang bersamaan tersebut hanya terjadi 18 tahun sekali.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x