Profil Panglima TNI Andika Perkasa, Menantu Hendropriyono Kandidat Capres Nasdem: Umur hingga Pendidikan

- 18 Juni 2022, 17:05 WIB
Profil dan Biodata Panglima TNI Andika Perkasa, dari umur, keluarga, istri, anak, mertua, karier, hingga pendidikan.
Profil dan Biodata Panglima TNI Andika Perkasa, dari umur, keluarga, istri, anak, mertua, karier, hingga pendidikan. /Tangkap Layar Youtube.com/Jenderal TNI Andika Perkasa

BERITA DIY-Berikut merupakan profil dan biodata Andika Perkasa, Panglima TNI menantu Kepala BIN Hendropriyono yang diisukan bakal capres dari Partai Nasdem. Simak selengkapnya beberapa informasi tentang Andika Perkasa  dari umur, istri, keluarga, karier, hingga pendidikan.

Panglima TNI Andika Perkasa mendadak menjadi viral lantaran namanya  keluar sebagai salah satu capres yang akan diusung oleh Partai Nasdem pada pemilu 2024 nanti. Namun  nama Andika Perkasa bukan salah satu calon kandidat yang akan diusung karena terdapat nama lainnya yakni Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Pengumuman calon kandidat  yang berpotensial tersebut disampaikan melalui Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Nasdem di Jakarta Convention Center. Nama-nama kandidat di atas keluar berdasarkan rekomendasi dari masing-masing cabang Partai Nasdem yang hadir pada acara tersebut.

Andika Perkasa menjadi satu-satunya kandidat yang berasal dari kalangan TNI pada rapat tersebut. Selain itu, Andika Perkasa memiliki latar belakang di mana ia merupakan menantu dari Kepala BIN yakni Hendropriyono.

Baca Juga: Daftar Nama Bursa Capres Partai NasDem: Simak Profil Andika Perkasa, Anies Baswedan, hingga Ganjar Pranowo

Andika Perkasa merupakan seorang perwira tinggi TNI Angkatan Darat yang menjabat sebagai Panglima TNI sejak tanggal 17 November 2021. Andika Perkasa adalah lulusan dari Akademi Militer tahun 1987.

Andika Perkasa memiliki nama lengkap Fransiskus Xaverius Emanuel Andika Perkasa yang lahir pada 21 Desember 1964 dan saat ini berumur 57 tahun. Sebelum menjabat sebagai Panglima TNI, Andika menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat.

Andika Perkasa memiliki istri bernama Diah Erwiany dan memiliki seorang anak bernama dr. Alexander Wiratama Akbar Perkasa. Orang tuanya bernama Kolonel Czi (Purn) FX Soenarto (ayah) dan Udiati (ibu).

Andika Perkasa sebelumnya pernah menempuh pendidikan ketika berkarier di TNI. Setelah menamatkan di pendidikan Akademi Militer, Andika melanjutkan ke beberapa pendidikan khusus di antaranya Sesercab Infanteri, Pendidikan Komando, Sekolah Staf Komando Angkatan Darat, Sekolah Staf dan Komando TNI, dan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas RI).

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x