Bacaan Niat Sholat Sunah Jumat Qobliyah dan Ba'diyah, Sebelum dan Sesudah Jumatan: Arab, Latin, Indonesia

- 17 Juni 2022, 10:03 WIB
Bacaan niat sholat sunah rawatib Jumat, qobliyah dan ba'diyah, sebelum dan sesudah Jumatan: Arab, latin, dan artinya bahasa Indonesia.
Bacaan niat sholat sunah rawatib Jumat, qobliyah dan ba'diyah, sebelum dan sesudah Jumatan: Arab, latin, dan artinya bahasa Indonesia. /PIXABAY/rudolf_langer./

BERITA DIY - Bacaan niat sholat sunah rawatib Jumat, qobliyah dan ba'diyah atau sebelum dan sesudah Jumatan dalam bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya bahasa Indonesia tersedia di sini.

Salah satu amalan sunnah yang biasa dilakukan sebelum dan sesudah sholat Jumat adalah menjalankan sholat sunah qobliyah dan ba'diyah.

Sholat ini bisa dilakukan dalam dua rakaat secara sendirian atau munfarid setelah melaksanakan Jumat.

Sebelum menjalankan sholat qobliyah Jumat, umat muslim juga diperbolehkan untuk sholat sunah takhiyatul masjid ketika sampai di masjid sebelum duduk.

Baca Juga: Bacaan Niat Sholat Jumat Makmum NU Berjamaah dalam Bahasa Arab, Latin, dan Artinya Bahasa Indonesia

Dikutip Berita DIY dari laman resmi Nahdlatul Ulama Jawa Timur atau NU Jatim, jatim.nu.or.id, para ulama sepakat bahwa sholat sunah rawatib qobliyah dan ba'diyah Jumat adalah sunah.

Hal ini sesuai dengan Hadist Nabi Muhammad SAW berikut ini:


عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ الجُمْعَةَ فَلْيُصَلِّ بَعْدَهَا أَرْبَعاً

Artinya: Diriwayatkan dari Abi Hurairah RA, ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: Jika salah seorang di antara kalian shalat Jumat hendaklah shalat empat rakaat setelahnya. (HR. Bukhari dan Muslim).

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x