Doa Tahajud yang Mustajab Tulisan Latin, Arab dan Artinya Indonesia Beserta Bacaan Niat dan Sholat Tata Cara

- 16 Juni 2022, 08:40 WIB
Ilustrasi. Doa sholat tahajud pendek yang mustajab disertai tulisan latin, Arab dan artinya Indonesia beserta bacaan niat dan tata cara.
Ilustrasi. Doa sholat tahajud pendek yang mustajab disertai tulisan latin, Arab dan artinya Indonesia beserta bacaan niat dan tata cara. /Pexels/Alena Darmel

BERITA DIY - Doa tahajud lengkap dengan tulisan latin, Arab dan artinya beserta bacaan niat sholat dan tata cara melaksanakannya.

Memanjatkan doa tahajud setelah mendirikan sholat sunnah tersebut sangat dianjurkan untuk mencapai kesempurnaan ibadah.

Ibadah sholat tahajud menjadi satu di antara amalan yang dianggap sebagai sholat sunnah paling istimewa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Selain ampunan dosa, sholat tahajud dapat menjadikan seorang muslim yang mendirikannya diangkat derajatnya ke tempat yang terpuji di hadapan Allah SWT.

Baca Juga: Bacaan Niat dan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap Arab, Latin serta Artinya, untuk Kelancaran Rezeki Hari Ini

Diketahui, ibadah sholat tahajud dilaksanakan pada waktu-waktu tertentu di malam hari atau pada saat sepertiga malam.

Setelah mendirikan sholat tahajud, agar lebih sempurna dianjurkan untuk membaca doa dan berzikir kepada Allah SWT.

Bacaan Niat Sholat Tahajud

Berikut bacaan niat sholat tahajud untuk mengawali kegiatan ibadah sunnah tersebut:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatat tahajjudi rak'ataini lillaahi ta'aalaa.

Artinya: Aku niat sholat sunnah tahajud dua raka'at karena Allah Ta'ala.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami, Beserta Bacaan Doa Mohon Diberi Panjang Umur

Tata Cara Sholat Tahajud


Amalan sholat tahajud merupakan kegiatan ibadah yang bersifat sunnah yang didirikan dua rakaat satu salam dan dilaksanakan di malam hari atau pada sepertiga malam.

Pelaksanaan ibadah tahajud sama seperti sholat pada umumnya. Adapun yang membedakan yaitu pada bacaan niat dan waktu pelaksanaannya.

Berikut tata cara mendirikan sholat dhuha:

- Didirikan dua rakaat dengan satu kali salam

- Niat

- Takbiratul ihram

- Membaca Alfatihah dan surat pendek

Baca Juga: Doa Setelah Sholat Dhuha Latin, Arab, dan Artinya Sesuai Sunnah untuk Pembuka Rezeki Lengkap dengan Tata Cara

- Rukuk dengan thumaninah.

- I'tidal dengan thumaninah.

- Sujud dua kali dengan thumaninah.

- Duduk di antara dua sujud dengan Thumaninah.

- Duduk tasyahud akhir.

Setelah selesai salam, untuk menyempurnakannya dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat dhuha

Baca Juga: Doa Setelah Sholat Dhuha Latin, Arab, dan Artinya Sesuai Sunnah untuk Pembuka Rezeki Lengkap dengan Tata Cara

Doa Setelah Sholat Tahajud

Sebagai bentuk penyempurnaan rangkaian ibadah sunnah ini, dianjurkan untuk tidak melewatkan membaca doa setelah sholat tahajud.

Dikutip dari jatim.kemenag.go.id, berikut ini bacaan doa setelah sholat tahajud tulisan latin dan Arab beserta artinya dalam bahasa Indonesia:

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta nurus samawati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu antal haqq. Wa wa'dukal haqq. Wa liqa'uka haqq. Wa qauluka haqq. Wal jannatu haqq. Wan naru haqq. Wan nabiyyuna haqq. Wa Muhammadun shallallahu alaihi wasallama haqq. Was sa'atu haqq.

Baca Juga: Wukuf di Padang Arafah Puncak Ibadah Haji Umat Islam, Ini Waktu Pelaksanaan dan Doa Ketika Wukuf

Allahumma laka aslamtu. Wa bika amantu. Wa 'alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khashamtu. Wa ilaika hakamtu. Fagfirlii ma qaddamtu, wa ma akhkhartu, wa ma asrartu, wa ma a'lantu, wa ma anta a'lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu'akhkhiru. La ilaha illa anta. Wa la haula, wa la quwwata illa billah.

Artinya : “Ya Allah, bagi-Mu segala puji. Engkaulah penegak langit dan bumi dan alam semesta serta segala isinya. Bagimu segala puji, Engkau Raja Penguasa langit dan bumi dan segala isinya, bagi-Mu segala puji, pemancar cahaya langit dan bumi. Bagimu segala puji, Engkaulah yang hak, dan janji-Mu adalah benar, dan perjumpaan-Mu adalah hak dan firman-Mu adalah benar, dan surga adalah hak, dan neraka adalah hak, dan nabi-nabi itu adalah benar, dan nabi Muhammad SAW adalah benar, dan saat hari kiamat itu benar.

Ya Allah, kepada-Mu lah aku berserah diri, kepada engkau aku beriman, dan kepada Engkau aku bertawakal, kepada Engkau jualah aku kembali dan kepada-Mu lah aku rindu, dan kepada Engkau lah aku berhukum. Ampunilah aku atas kesalahan yang telah aku lakukan dan yang sebelumnya, baik yang aku sembunyikan maupun yang aku nyatakan. Engkaulah Tuhan yang terdahulu dan Tuhan yang terakhir, tiada Tuhan melainkan Engkau dan Tiada Tuhan selain-Mu, tiada daya dan kekuatan melainkan dengan Allah.

Baca Juga: Tata Cara Tahlilan dan Bacaan Doa Tahlil Yasin untuk Doa Arwah Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

Itulah doa setelah sholat dhuha lengkap dengan tulisan latin, Arab dan artinya bahasa Indonesia beserta tata cara sholat dhuha.***

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x