Apa Nama Puasa Idul Adha 2022 dan Jatuh Tanggal Berapa? Ini Niat Puasa Sembilan Hari Sebelum Hari Raya Kurban

- 14 Juni 2022, 15:25 WIB
Sejumlah orang bertanya apa nama puasa Idul Adha 2022 dan jatuh tanggal berapa? Berikut niat puasa sembilan hari sebelum Hari Raya Kurban lengkap Arab, latin serta artinya.
Sejumlah orang bertanya apa nama puasa Idul Adha 2022 dan jatuh tanggal berapa? Berikut niat puasa sembilan hari sebelum Hari Raya Kurban lengkap Arab, latin serta artinya. /Tangkap layar Twibbonize.com/minimalisdesainiduladha1442

BERITA DIY - Sejumlah orang bertanya apa nama puasa Idul Adha 2022 dan jatuh tanggal berapa? Berikut niat puasa sembilan hari sebelum Hari Raya Kurban lengkap Arab, latin serta artinya.

Umat muslim dianjurkan untuk menunaikan dua puasa sunnah sebelum melaksanakan sholat Ied dan ibadah kurban pada Hari Raya Kurban. Puasa ini dilaksanakan sembilan hari sebelum Hari Raya Kurban.

Puasa sembilan hari sebelum Hari Raya Kurban tersebut termasuk puasa Arafah dan puasa Tarwiyah. Puasa Arafah dan Tarwiyah menjadi amalan yang paling utama di Hari Raya Kurban.

Baca Juga: Hari Raya Idul Adha 2022 Tanggal Berapa? Penjelasan Muhammadiyah, NU, dan Kemenag: Benarkah Akan Berbeda?

Anjuran puasa ini terkandung dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Daud yang artinya,

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Zulhijah, pada hari 'Asyura' (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulan, awal bulan di hari Senin dan Kamis." (HR. Abu Daud).

Kedua puasa ini memiliki banyak keutamaan yang terkandung dalam buku 'Koleksi Doa dan Dzikir Sepanjang Masa' oleh Ustadz Ali Amrin al-Qurawy.

Baca Juga: Idul Adha 2022 Berapa Hari Lagi? Ini Jadwal Kapan Hari Raya Kurban 1443 H Menurut Muhammadiyah

Keutamaan-keutaman tersebut yakni lebih disukai Allah SWT, menghapus dosa yang telah lalu, dan membebaskan umat muslim dari api neraka.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x