Doa Setelah Sholat Dhuha Latin, Arab, dan Artinya Sesuai Sunnah untuk Pembuka Rezeki Lengkap dengan Tata Cara

- 14 Juni 2022, 09:35 WIB
Ilustrasi. Bacaan doa setelah sholat dhuha lengkap dengan tulisan latin, Arab dan artinya bahasa Indonesia beserta tata cara sholat dhuha.
Ilustrasi. Bacaan doa setelah sholat dhuha lengkap dengan tulisan latin, Arab dan artinya bahasa Indonesia beserta tata cara sholat dhuha. /Pexels/Monstera

BERITA DIY - Bacaan doa setelah menunaikan sholat dhuha lengkap dengan tulisan latin, Arab dan artinya bahasa Indonesia beserta tata cara melaksanakannya.

Ibadah sholat dhuha merupakan salah satu amalan yang hukumnya sunnah muakkad atau yang sangat dianjurkan.

Membaca doa dhuha setelah mendirikan sholat dhuha, sangat disarankan untuk menyempurnakan ibadah sunnah tersebut.

Selain mendapatkan pahala dari Allah SWT, melaksanakan sholat dhuha juga menjadi sarana menghidupkan sunnah-sunnah Rasulullah SAW.

Baca Juga: Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Teks Arab, Latin dan Artinya Lengkap dengan Tata Cara Sholat Dhuha 2 Rakaat

Salah satu keutamaan yang didapat dari sholat dhuha adalah dilancarkannya rezeki oleh Allah SWT Sang Maha Pengasih.

Sesuai dengan kalimat dari doa sholat dhuha "Allahumma inkaana rizqi fis samaa‘i fa anzilhu" memiliki arti "Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit, maka turunkanlah."

Bacaan doa setelah sholat dhuha mempunyai beberapa keutamaan salah satunya adalah membuka pintu-pintu rezeki dan berkah Allah SWT Sang Maha Pengasih.

Tata Cara Sholat Dhuha

Amalan sholat dhuha merupakan kegiatan ibadah yang bersifat sunnah yang didirikan dua rakaat satu salam dan dilaksanakan di pagi hari.

Baca Juga: Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Lengkap Arab, Latin, dan Arti Bahasa Indonesia serta Tata Cara Melaksanakan

Sholat ini dimulai setelah terbit fajar sekitar pukul 07.00 hingga sebelum masuk waktu Zuhur pada saat matahari belum naik pada posisi tengah.

Berikut tata cara mendirikan sholat dhuha:

- Berwudhu

- Didirikan dalam jumlah dua rakaat dengan satu kali salam

- Pelaksanaanya sama seperti sholat pada umumnya

- Setelah selesai salam, untuk menyempurnakannya dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat dhuha

Baca Juga: Doa Setelah Sholat Dhuha Tulisan Arab, Latin, dan Artinya Bahasa Indonesia Lengkap dengan Tata Caranya

Doa Setelah Sholat Dhuha


Sebagai bentuk penyempurnaan rangkaian ibadah sunnah ini, dianjurkan untuk tidak melewatkan membaca doa setelah sholat dhuha.

Dikutip dari jatim.kemenag.go.id, berikut ini bacaan doa setelah sholat dhuha tulisan latin dan Arab beserta artinya dalam bahasa Indonesia:

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ،وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ.

"Allahumma in adh dhuhaa’a dhuhaa’uka, wal bahaa’a bahaa’uka, wal jamaala jamaaluka wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ‘ishmata ‘ishmatuka."

Baca Juga: Tata Cara Sholat Dhuha saat Ramadhan Lengkap: Waktu Menjalankan, Bacaan Doa, Berapa Rakaat dan Manfaat

Artinya: “Ya Allah, bahwasannya waktu dhuha itu waktu dhuha-Mu, kecantikan ialah kecantikan-Mu, keindahan itu keindahan-Mu, kekuatan itu kekuatan-Mu, kekuasaan itu kekuasaan-Mu, dan perlindungan itu perlindungan-Mu."

اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ

"Allahumma inkaana rizqi fis samaa‘i fa anzilhu, wa in kaana fil ardhi fa akhrijhu, wa in kaana mu'assiran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fathahhirhu."

Artinya: "Ya Allah, jika rizkiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkan lah, jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikan lah."

Baca Juga: Niat Salat Dhuha, Dalil, Doa yang Dipanjatkan Setelah Salat, dan Waktu Terbaik untuk Melaksanakan Salat Dhuha

وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

"Wa inkaana ba’idan fa qoribhu, bi haqqi dhuha-ika wabahaa-ika, wal jamaalika, wa quwwatika wa qudratika, aatinii maa ataita bihii ‘ibaadakash shaalihiin."

Artinya: "Jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang shaleh."

Itulah doa setelah sholat dhuha lengkap dengan tulisan latin, Arab dan artinya bahasa Indonesia beserta tata cara sholat dhuha.***

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x