Niat, Cara Mandi Wajib Setelah Haid, dan Mandi Junub Bagi Wanita dan Pria Sesuai Ajaran Nabi Muhammad SAW

- 14 Juni 2022, 08:00 WIB
Ilustrasi niat, cara mandi wajib setelah haid, dan mandi junub bagi pria dan wanita sesuai ajaran Nabi Muhammad.
Ilustrasi niat, cara mandi wajib setelah haid, dan mandi junub bagi pria dan wanita sesuai ajaran Nabi Muhammad. /PIXABAY/@PublicDomainPicture

BERITA DIY- Berikut informasi terkait niat, cara mandi wajib setelah haid, dan mandi junub bagi pria dan wanita sesuai ajaran Nabi Muhammad SAW. Mandi wajib atau junub perlu diketahui karena baik pria maupun wanita muslim mengalami hadas besar.

Mandi wajib atau mandi junub merupakan salah satu mandi yang dilakukan dengan cara tertentu sesuai dengan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Mandi wajib atau junub dilakukan apabila wanita atau pria mengalami beberapa hal berikut yaitu wanita mengalami haid maka diharuskan melakukan mandi wajib apabila masa haidnya telah selesai.

Mandi junub dilakukan apabila pria atau wanita mengalami mimpi basah, melakukan hubungan seksual, atau munculnya gairah seksual sehingga keluar mani.

Cara melakukan mandi wajib bagi wanita setelah haid tidak berbeda dengan mandi wajib ketika mengalami hadas besar lainnya. Cara mandi wajib atau mandi junub untuk pria dan wanita yaitu sama, seperti diawali dengan niat dan lainnya.

Baca Juga: Tata Cara Mandi Wajib Laki-Laki yang Benar dan Sah Beserta Bacaan Niat Arab, Latin, dan Terjemahan

Dikutip dari Unida Gontor, berikut ini tata cara mandi wajib setelah haid dan mandi junub bagi pria maupun wanita sesuai yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan dalam mandi wajib yaitu membaca niat
  2. Mencuci kemaluan, setelah itu pastikan untuk mencuci tangan sampai bersih
  3. Membaca bismillah untuk melakukan wudu
  4. Melakukan wudu
  5. Setelah itu dilanjutkan dengan mandi diawali dengan menyiram kepala sebanyak tiga kali sambil meratakan air keseluruh bagian kepala.
  6. Apabila sudah yakin seluruh kepala sudah basah seluruhnya dilanjutkan dengan mengguyur air keseluruh badan bagian kanan dan kiri dan mandi seperti biasa dengan sabun dan lainnya.

Baca Juga: Tata Cara Mandi Wajib untuk Menghilangkan Hadas Besar Lengkap Penyebab yang Mengharuskan Bersuci Diri

Berikut ini niat mandi wajib setelah haid dan mandi junub untuk pria dan wanita lengkap tulisan arab, latin dan artinya Indonesia:

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x