Apa itu Parade Langit Subuh Terjadi di Bulan Juni 2022? Ini Tempat dan Waktu untuk Melihat Fenomena Antariksa

- 12 Juni 2022, 10:00 WIB
Ilustrasi apa itu parade langit subuh terjadi di bulan Juni 2022? Ini tempat dan waktu untuk melihat fenomena antariksa.
Ilustrasi apa itu parade langit subuh terjadi di bulan Juni 2022? Ini tempat dan waktu untuk melihat fenomena antariksa. /PIXABAY/@Wikilmages

BERITA DIY- Berikut ini penjelasan tentang fenomena antariksa parade langit subuh yang terjadi pada bulan Juni 2022, waktu dan tempat untuk melihat tanpa teleskop.

Diketahui bahwa fenomena antariksa yang disebut dengan parade langit subuh ini terjadi sepanjang bulan Juni 2022. Dikutip dari LAPAN, parade langit subuh adalah merupakan fenomena antariksa di mana terjadinya konfigurasi segarisnya planet Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, dan Saturnus.

Parade langit subuh pada bulan Juni 2022 ini terjadi dari tanggal 4 Juni sampai 30 Juni 2022. Fenomena antariksa ini dibagi menjadi tiga sebagai berikut.

  1. Tanggal 4 Juni sampai 15 Juni 2022 terjadinya konfigurasi fenomena langit subuh di mana Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, dan Saturnus berada dalam satu garis.
  2. Kemudian dilanjutkan pada tanggal 16 Juni sampai 27 Juni 2022 di mana parade langit ini terjadi konfigurasi segarisnya Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, Saturnus, dan Bulan berada pada satu garis.
  3. Parade langit ketiga yaitu tiga hari terakhir dari tanggal 28 Juni sampai 30 Juni 2022 yaitu Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, dan Saturnus kembali berada dalam satu garis.

Baca Juga: Fenomena Perigee Adalah Apa menurut BMKG? Simak Dampak dan Apa Benar Penyebab Banjir Rob Semarang

Fenomena parade langit subuh ini terjadi dalam durasi waktu kurang lebih 50 menit. Waktu yang tepat untuk menyaksikan fenomena antariksa ini sekitar 75 menit sebelum Matahari terbit atau pukul 04.30 waktu setempat.

Untuk informasi bahwa kecerlangan setiap planet dari tanggal 4 Juni sampai 30 Juni 2022 berbeda-beda. Merkurius akan semakin terang sampai di penghujung bulan sedangkan Venus sedikit meredup hingga akhir bulan.

Planet Uranus akan sedikit lebih terang hingga akhir bulan. Hal yang sama juga terjadi pada planet Mars akan sedikit lebih terang di akhir bulan, Jupiter dan Saturnus juga akan lebih terang di akhir bulan.

Fenomena antariksa parade langit subuh yang terjadi pada bulan Juni 2022 ini dapat disaksikan tanpa menggunakan alat bantu, kecuali Uranus untuk melihatnya harus menggunakan teleskop.

Baca Juga: Dampak Negatif Pemanasan Global Adalah Apa? Ini Penyebab, Pengertian dan Risiko Fenomena Efek Rumah Kaca

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x