BSU 2022 Kapan Ciar? Update Subsidi Upah Bulan Juni: Cara Login BSU di Link Ini Bukan di BPJS Ketenagakerjaan

- 11 Juni 2022, 17:15 WIB
Ilustrasi - Kapan BSU 2022 cair? Ini update subsidi upah bulan Juni dari Kemnaker terbaru, serta cara login BSU bukan di website BPJS Ketenagakerjaan.
Ilustrasi - Kapan BSU 2022 cair? Ini update subsidi upah bulan Juni dari Kemnaker terbaru, serta cara login BSU bukan di website BPJS Ketenagakerjaan. /PIXABAY/Ekoanug

BERITA DIY – Masyarakat masih bertanya-tanyakan kapan BSU 2022 cair? Ini update info mengenai subsidi upah bulan Juni 2022 dari Kementerian Ketenagakerjaan terbaru. Serta dapatkan cara login BSU dengan klik link di akhir artikel ini, bukan di website BPJS Ketenagakerjaan.

Pemerintah memastikan bahwa BSU 2022 akan cair kepada 8,8 juta pekerja atau buruh. Setiap pekerja atau buruh nantinya akan menerima bantuan Rp1 juta per pekerja.

BSU bertujuan untuk membantu pekerja atau buruh dalam pemulihan ekonomi di masa pandemik Covid-19 ini. Hal ini sesuai dengan pernyataan Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah, yang menjelaskan bahwa dalam rangka memberikan perlindungan bagi pekerja dan mendorong percepatan pemulihan ekonomi, pemerintah kembali akan menyalurkan BSU pada 2022.

"Oleh karena itu, tujuan dari BSU ini selain melindungi dan mempertahankan kemampuan ekonomi pekerja/buruh, juga diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat sehingga mengungkit pertumbuhan ekonomi," dikutip BERITA DIY melalui akun Instagram, @kemnaker, pada 6 April 2022.

Baca Juga: Cara Cek BSU Ketenagakerjaan via Status Kepesertaan BPJS Lengkap Info Update Kapan Cair 2022

Sedangkan syarat penerima BSU setiap tahunnya bisa mengalami perubahan. Jika pada tahun pertama diberikan kepada pekerja atau buruh yang memiliki upah di bawah RP5 juta, kemudian pada BSU 2021 juga diberikan kepada pekerja atau buruh yang terdampak kebijakan PPKM level 3 dan 4.

Sedangkan untuk BSU 2022, rencananya akan diberikan kepada 8,8 juta buruh atau pekerja yang memiliki upah di bawah Rp3,5 juta. Nantinya, pemerintah akan menggunakan menggunakan data BPJS Ketenagakerjaan untuk penerima BSU 2022.

Sedangkan BSU 2022 untuk waktu dan mekanisme penyaluran terbaru hingga hari ini belum ada pengumuman resmi, tetapi bantuan subsidi upah 2022 jika tidak ada perubahan akan cair pada tahun ini.

Selain itu pada tanggal Sabtu, 11 Juni 2022, pihak Kemnaker belum memberikan informasi dan update terbaru mengenai penyaluran BSU 2022.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x