Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022: Sejarah, Tema, dan Lokasi Pelaksanaan Upacara

- 31 Mei 2022, 08:25 WIB
Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022: sejarah, tema, dan lokasi pelaksanaan upacara.
Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022: sejarah, tema, dan lokasi pelaksanaan upacara. /Kemdikbud.go.id

BERITA DIY- Simak informasi peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022, sejarah, tema, dan lokasi pelaksanaan upacara. Sejarah Hari Lahir Pancasila berawal dari kekalahan Jepang pada perang Pasifik kemudian mereka mencari dukungan dari rakyat Indonesia dengan membentuk Dokuritsu Junbi Cosakai.

Dokuritsu Junbi Cosakai merupakan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

BPUPKI melaksanakan sidang pertama yang berlangsung selama lima hari dari tanggal 28 Mei sampai 1 Juni 1945. Rapat pertama tersebut dilaksanakan di Chuo Sangi In yang sekarang disebut dengan Gedung Pancasila.

Baca Juga: Ada 30 Link Twibbon Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2022: Cocok Upload ke IG atau Kirim dan Jadi WA Story

Pada tanggal 1 Juni 1945 Soekarno menyampaikan gagasan tentang dasar negara Indonesia yang disebut dengan Pancasila, panca artinya lima, sila artinya prinsip atau asas.

Lima dasar negara yang merupakan gagasan dari Soekarno tersebut yaitu sila pertama kebangsaan, sila kedua internasionalisme atau perikemanusiaan, sila ketiga demokrasi, sila keempat keadilan sosial, dan sila kelima Ketuhanan yang Maha Esa.

Dalam rangka menyempurnakan rumusan Pancasila yang digagas oleh Soekarno dan untuk membuat Undang-Undang Dasar berdasarkan lima asas tersebut maka dibentuklah panitia Sembilan.

Baca Juga: Tanggal 1 Juni 2022 Kenapa Libur, Tanggal Merah Hari Apa? Sisa Hari Libur Nasional Juni-Desember

Panitia Sembilan tersebut terdiri dari Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Abikoesno Tjokrosoejoso, Agus Salim, Wahid Hasjim, Mohammad Yamin, Abdul Kahar Muzakir, Bapak AA Maramis, dan Achmad Soebardjo.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x