Cek 26 Mei 2022 Memperingati Hari Apa, Libur dan Tanggal Merah karena Apa?

- 25 Mei 2022, 14:43 WIB
ilustrasi - Cek 26 Mei 2022 memperingati hari apa, libur dan tanggal merah karena apa.
ilustrasi - Cek 26 Mei 2022 memperingati hari apa, libur dan tanggal merah karena apa. /PIXABAY/pixel2013
BERITA DIY - Cek di sini Kamis, 26 Mei 2022 hari apa dan memperingati hari apa. Simak selengkapnya hingga libur dan tanggal merah di tanggal 26 Mei 2022 karena apa. 
 
Hari Kamis, 26 Mei 2022 merupakan hari yang disakralkan oleh umat Kristiani karena memperingati kenaikan Isa Almasih. Hal tersebut dicatat dalam Perjanjian Baru.
 
Menurut kepercayaan, hari kenaikan Isa Al Masih ini juga dipercaya bahwa Yesus diberikan kemuliaan. Hal tersebut terjadi karena Yesus Kristus atau Isa Almasih telah menjalankan tugasnya dalam menyebarkan ajaran kebajikan di bumi. 
 
 
Pada peristiwa tersebut, diceritakan dalam Perjanjian Baru bahwa Isa Almasih naik ke langit lalu hilang tertutup awan. Sebelum kejadian, Yesus atau Isa Almasih membawa murid dan ibunya ke bukit Zaitun kemudian berjanji akan kembali ke dunia untuk yang kedua kalinya dan setelah itu ia terangkat ke surga.
 
Peristiwa tersebut lalu diperingati hari sakral bagi umat Kristiani sebagai peristiwa kenaikan Isa Almasih. Hari kenaikan Isa Almasih diperingati 40 hari setelah hari paskah dirayakan yang tahun ini diperingati pada 09 April 2022.
 
Umat Kristiani akan melakukan serangkaian ibadah khusus terkait dengan perayaan hari kenaikan Isa Almasih. Selain adanya momen penting, momen ini juga masih dalam rangkaian yang sama dengan peringatan hari paskah tepatnya 40 hari setelah peringatan paskah.
 
 
Dalam Surat Keputusan Bersama Nomor 375 tahun 2022 yang dikeluarkan oleh Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara, hari kenaikan Isa Almasih dijadikan sebagai salah satu hari libur nasional. Surat keputusan bersama memuat bahwa hari Kamis 26 Mei 2022 ditetapkan sebagai hari libur atau tanggal merah nasional. 
 
Untuk itu, umat Kristiani dapat melakukan prosesi ibadah dengan sempurna. Adapun prosesi ibadah dalam peringatan hari kenaikan Isa Almasih dapat dilakukan melalui Gereja dan mengenang momen perjuangan Isa Almasih dalam mengajarkan kebaikan. 
 
Adapun libur hari peringatan kenaikan Isa Almasih tersebut merupakan libur terakhir di bulan Mei 2022. Libur resmi lainnya akan terjadi pada 1 Juni 2022 yang diperingati sebagai hari lahir Pancasila. 
 
 
Bagi umat agama Kristiani tentunya akan memaksimalkan hari kenaikan Isa Almasih untuk melakukan ibadah. Untuk itu, mari kita jaga bersama kerukunan umat beragama agar semua warga negara dapat beribadah sesuai dengan keyakinan yang dimilikinya.
 
Demikian penjelasan mengenai 26 Mei 2022 hari apa, libur dan tanggal merah karena apa. Cek di sini beserta penjelasan mengenai peristiwa diangkatnya Isa Almasih ke surga yang kemudian disakralkan bagi umat Kristiani dan diperingati sebagai hari kenaikan Isa Almasih.***
 

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x