Cara Cek Nomor KK Online Pakai NIK KTP Bisa Lewat HP

- 25 Mei 2022, 12:18 WIB
Cara cek nomor KK online dari NIK KTP bisa lewat HP.
Cara cek nomor KK online dari NIK KTP bisa lewat HP. /instagram.com/@kominfodiy
BERITA DIY-Berikut merupakan cara untuk melakukan cek nomor KK pakai NIK KTP. Simak selengkapnya karena cara yang disertakan di bawah ini bisa dilakukan melalui smartphone atau HP.
 
Perlu diketahui bahwa di dalam KK terdapat beberapa data penting yang tidak tercatat dalam KTP. Data yang termuat di antaranya data nama lengkap, nama ayah, nama ibu, dan nama saudara kandung disertai dengan nomor induk kependudukan atau NIK masing-masing nama yang terdaftar dalam satu KK. 
 
Kartu Keluarga atau KK adalah salah satu dokumen wajib dimiliki oleh warga negara. Nomor KK juga kerap digunakan untuk kelengkapan dokumen tertentu yang digunakan misalnya dalam pengisian data diri kartu seluler atau SIM.
 
 
Nomor KK nantinya akan menjadi nomor identitas satu keluarga yang tercatat. Namun yang menjadi persoalan adalah ketika KK tersebut hilang dan nomor tidak bisa ditemukan 
 
Apalagi nomor KK biasanya sering dilupakan mengingat nomor tersebut tidak tercantum dalam dokumen identitas seperti KTP. Apabila lupa akan nomor tersebut, langkah yang biasa dilakukan adalah langsung menanyakan pada dinas terkait.
 
Namun saat ini, Disdukcapil telah menyediakan platform untuk mempermudah pengecekan data diri secara online. Untuk itu, Anda harus memahami bagaimana untuk melakukan cek nomor KK secara online agar mempermudah dalam pencarian data. 
 
 
Cara untuk pengecekan KK di bawah ini cukup mudah dilakukan. Anda hanya membutuhkan perangkat smartphone dan nomor induk kependudukan atau NIK yang tercantum pada KTP.
 
Berikut merupakan cara cek nomor KK dari NIK KTP yang bisa dilakukan lewat HP: 
 
 1. Buka situs resmi Disdukcapil di https://dukcapil.kemendagri.go.id/ untuk masuk ke laman pencarian data nomor KK. 
 
 2. Masukkan nomor induk kependudukan atau NIK yang dapat dilihat pada KTP di laman yang telah disediakan pada website tersebut.
 
 3. Nomor KK akan langsung dimunculkan pada website tersebut apabila proses pencarian telah dilakukan selesai. 
 
 
Selain cara di atas, pengecekan nomor KK juga dapat dilakukan melalui situs Disdukcapil masing-masing wilayah. Berikut merupakan daftar website Disdukcapil beberapa daerah yang dapat diakses untuk melakukan pengecekan nomor KK: 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Untuk Anda yang ingin melakukan cek melalui laman Disdukcapil daerah dapat mengaksesnya melalui laman di atas. Data yang dibutuhkan untuk cek nomor KK yakni nomor induk kependudukan atau NIK. 
 
 
Demikian informasi mengenai cara untuk melakukan cek nomor KK dari NIK KTP. Cek nomor KK kini tak perlu lagi melalui kantor Disdukcapil karena dapat dilakukan secara online melalui HP.***

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x