Fenomena Perigee Adalah Apa menurut BMKG? Simak Dampak dan Apa Benar Penyebab Banjir Rob Semarang

- 25 Mei 2022, 11:15 WIB
Ilustrasi fenomena parigee yang disebut sebagai penyebab banjir rob di Semarang dan sejumlah kota di Pantai Utara.
Ilustrasi fenomena parigee yang disebut sebagai penyebab banjir rob di Semarang dan sejumlah kota di Pantai Utara. /PIXABAY/@rkarkowski

BERITA DIY - Simak informasi mengenai fenomena parigee menurut BMKG dan dampaknya yang dikabarkan menjadi penyebab banjir Rob semarang.

Pesisir utara Pulau Jawa diterjang Banjir Rob. Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang menjadi salah satu kawasan yang juga mengalimnya. Penyebab dari banjir rob ini adalah fenomena parigee.

Fenomena parigee menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) adalah fenomena jarak terdekat bumi dengan bulan. Posisi bulan bisa berada di titik terdekat atau terjauh dari bumi.

Baca Juga: BMKG Yogyakarta: Waspada Gelombang Tinggi 6 Meter di Pantai Selatan Jogja hingga Tanggal Ini

Baca Juga: Bacaan Doa Banjir, Saat Hujan Deras dan Ketika Mendengar Petir dari Nabi Nuh Lengkap Artinya untuk Diamalkan

Hal ini disebabkan oleh bentuk lingkaran dari lintasan peredaran bulan yang mengelilingi bumi tidak sempurna, melainkan sedikit elips.

Dampak yang dialami bulan ketika fenomena parigee terjadi adalah ukurannya akan telihat lebih besar dari biasanya. Lalu apa dampak yang terjadi pada bumi dari fenomena ini?

Peningkatan air pasang karena gravitasi bumi menjadi salah satu dampak utama fenomena parigee. Hal tersebut yang menyebabkan adanya banjir rob di sejumlah wilayah.

Baca Juga: BMKG Prediksi DIY Masuk Musim Kemarau Bulan Juni 2022, Puncaknya Diprakirakan Mulai Juli hingga Agustus 2022

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x