Apa Itu Saham? Simak Definisi, Keuntungan, Risiko, dan Cara Membeli Saham di Perusahaan Efek

- 24 Mei 2022, 11:40 WIB
Ilustrasi - Apa itu saham? simak definisi, keuntungan, risiko, dan cara membeli saham di perusahaan efek.
Ilustrasi - Apa itu saham? simak definisi, keuntungan, risiko, dan cara membeli saham di perusahaan efek. /PIXABAY/@Buffik

BERITA DIY – Berikut merupakan informasi mengenai apa itu saham, dilengkapi dengan definisi, keuntungan, risiko, dan cara membeli saham di perusahaan efek.

Saham merupakan bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan atau bukti penyertaan modal. Pemilik saham juga memiliki hak untuk mendapatkan dividen sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya.

Mengutip dari laman sikapiuangmu.ojk.go.id, dengan menyertakan modal tersebut, maka pihak tersebut memiliki klaim (hak) atas pendapatan perusahaan, aset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Baca Juga: Apa Itu Vitamin D, Fungsi, Makanan yang Mengandung Vit D hingga Alasan Tidak Boleh Kekurangan Vitamin Ini

Pemilik saham juga memiliki hak untuk mendapatkan dividen sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya. Perolehan dividen ini biasanya tergantung keuntungan dari perusahaan tersebut dan telah diatur sesuai dengan anggaran dasar perusahaan.

Di pasar sekunder (bursa) atau dalam aktivitas perdagangan saham sehari-hari, harga-harga saham mengalami fluktuasi baik berupa kenaikan maupun penurunan. Pembentukan harga saham terjadi karena adanya permintaan dan penawaran atas saham tersebut.

Simak keuntungan dan risiko ketika memiliki saham berikut ini.

Keuntungan memiliki Saham

  • Mendapatkan dividen

Dividen adalah bagian keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham. Jumlah dividen yang akan dibagikan diusulkan oleh Dewan Direksi perusahaan dan disetujui di dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x