6 Cara Mengobati Kram Menstruasi, Perbanyak Minum Air Hingga Aktif Berolahraga Agar Nyeri Haid Mereda

- 23 Mei 2022, 16:20 WIB
Ilustrasi - 6 cara mengobati kram menstruasi, perbanyak minum air hingga aktif berolahraga agar nyeri haid mereda.
Ilustrasi - 6 cara mengobati kram menstruasi, perbanyak minum air hingga aktif berolahraga agar nyeri haid mereda. /PIXABAY/@Engin_akyurt

BERITA DIY – Berikut merupakan 6 cara mengobati kram saat menstruasi, salah satunya adalah dengan memperbanyak minum air hingga aktif berolahraga agar nyeri haid mereda.

Kram perut saat menstruasi adalah rasa nyeri di perut bagian bawah yang banyak dialami oleh para wanita baik sebelum maupun sesudah periode menstruasi.

Dikutip dari Healthline, kram menstruasi disebabkan oleh kontraksi rahim yang dipicu meningkatnya kadar hormon dalam tubuh. Saat menstruasi rahim akan berkontraksi dan melepaskan lapisannya. Lapisan inilah yang nantinya keluar sebagai darah.

Baca Juga: Cara Mengatasi Kram Haid Secara Alami, Minum Ramuan Teh Jahe hingga Kayu Manis Agar Nyeri Menstruasi Mereda

Ada beberapa perempuan yang mungkin mengalami kram ringan. Namun, dalam beberapa kasus, kram yang terjadi bisa sangat parah dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Selain meminum obat pereda nyeri, sebenarnya kram menstruasi dapat diredakan dengan beberapa cara alami seperti berikut ini, dikutip oleh Berita DIY dari laman resmi Universitas Airlangga.

  1. Memperbanyak minum air

Saat menstruasi sebaiknya Anda memperbanyak minum air putih karena dapat mengatasi perut kembung yang dapat memperberat rasa kram perut yang Anda alami meskipun minum air memang tidak mengurangi rasa kram secara langsung.

Baca Juga: Ciri Hamil 2 Minggu yang Jarang Diketahui oleh Ibu Hamil, Mulai dari Menstruasi hingga Pola Makan

  1. Mengonsumsi makanan yang sesuai

Ketika seseorang mengalami kram perut saat menstruasi, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang rendah lemak dan kaya serat, seperti buah-buahan, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh. Serta, dianjurkan untuk menghindari makanan berlemak, goreng-gorengan, atau makanan cepat saji.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x