Larangan Ekspor Minyak Goreng Resmi Dicabut, Harga Minyak Goreng 1 Liter Curah dan Kemasan Turun Atau Naik

- 20 Mei 2022, 17:36 WIB
ilustrasi - Larangan ekspor minyak goreng dicabut, harga minyak goreng 1 liter curah dan kemasan bermerek turun atau naik.
ilustrasi - Larangan ekspor minyak goreng dicabut, harga minyak goreng 1 liter curah dan kemasan bermerek turun atau naik. /Tangkap layar YouTube/@Belajar Bisnis Retail

BERITA DIY - Berikut merupakan informasi mengenai pencabutan larangan ekspor minyak goreng. Simak selengkapnya daftar harga minyak goreng 1 liter curah ataupun minyak goreng kemasan turun atau naik.

Minyak goreng sebelumnya sempat mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan dan dalam jangka waktu yang singkat. Hal tersebut disinyalir pasokan minyak goreng dalam negeri mengalami kelangkaan akibat ekspor yang berlebih.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Joko Widodo mengumumkan pelarangan ekspor minyak goreng untuk memastikan kesediaan minyak goreng di dalam negeri. Kini kebijakan pelarangan ekspor minyak goreng telah dicabut oleh Presiden Jokowi.

Baca Juga: Berapa Harga Minyak Goreng Sebenarnya, Minyak Goreng Naik Sampai Kapan? Curah hingga Kemasan Bermerk 1 dan 2

Pencabutan tersebut menimbang pasokan minyak goreng yang ini dinyatakan cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Pemerintah kembali membuka jalur ekspor minyak goreng setelah mempertimbangkan pasokan dalam negeri serta tenaga kerja dan petani industri sawit.

Dilansir dari Instagram resmi Sekretariat Kabinet @sektretariat.kabinet, Presiden Jokowi akan memastikan dan memantau secara ketat pasokan minyak goreng di Indonesia. Hal tersebut mengingat ekspor minyak goreng yang tidak diawasi secara ketat justru menimbulkan kelangkaan minyak goreng.

““Meskipun ekspor dibuka, pemerintah akan tetap mengawasi dan memantau dengan ketat untuk memastikan pasokan tetap terpenuhi dengan harga terjangkau,” tegas Presiden Jokowi dalam unggahan akun resmi Sekretariat Kabinet pada 19 Mei 2022.

Baca Juga: Ekspor Minyak Goreng Resmi Diizinkan Presiden Jokowi, Mulai Dibuka Kapan? Harga Terbaru Minyak Berbagai Merk

Di sisi lain, kebijakan tersebut belum memberikan dampak yang signifikan terhadap harga minyak goreng. Saat ini harga minyak goreng masih cukup tinggi walaupun terdapat penurunan harga namun masih jauh dibandingkan harga normal.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x