Surat Yasin 83 Ayat: Arab, Latin, Indonesia Beserta Keutamaan, Baik Dibaca di Malam Jumat dan Pelengkap Tahlil

- 19 Mei 2022, 16:30 WIB
Ilustrasi - Berikut bacaan dan keutamaan Surat Yasin 83 ayat yang baik dibaca di malam Jumat, pelengkap tahlil dan untuk ziarah kubur.
Ilustrasi - Berikut bacaan dan keutamaan Surat Yasin 83 ayat yang baik dibaca di malam Jumat, pelengkap tahlil dan untuk ziarah kubur. /BERITA DIY/MR Firmansyah

BERITA DIY - Simak Surat Yasin 83 ayat dalam bahasa Arab, Latin, dan Indonesia. beserta keutamaan dibaca di malam Jumat dan pelengkap tahlil.

Surat Yasin terdiri dari 83 ayat dan merupakan surat ke-36 dalam Al-Quran serta termasuk dalam golongan Surat Makkiyah.

Artikel akan menyampaikan bacaan Surat Yasin 83 ayat dalam tiga bahasa beserta dengan keutamaan. Biasanya surat yang terdapat di dalam juz 22 dan 23 ini dibaca di malam Jumat dan sebagai pelengkap tahlil hingga untuk ziarah kubur.

Baca Juga: Bacaan Doa untuk Anak Menghadapi Ujian Sekolah atau Sebelum Belajar, Lengkap Arab, Latin, dan Artinya

Sesuai namanya Surat Yasin diawali dengan kata 'Ya Sin' pada ayat pertama dan merupakan ayat mutasyaabihat atau ayat yang memiliki makna samar.

Surat Yasin 83 ayat menjadi tradisi kehidupan sebagai masyarakat penganut agama Islam tak terkecuali di Indonesia.

Biasanya Surat Yasin dibaca ketika seseorang sedang mengalami sakratul maut, malam Jumat, malam Nisfu Syaban, tahlil, ziarah kubur, dan peristiwa lainnya.

Baca Juga: Tuntunan Cara Sholat Tahajud atau Sholat Malam Dilengkapi Doa dan Dzikir Setelahnya, Teks Arab Latin Indonesia

Meskipun ada perdebatan tentang keabsahan hubungan antara tradisi dan Surat Yasin, namun terdapat beberapa dalil yang mendukung keduanya. 

Umat Islam yang melakukan ziarah kubur dan membacakan Surat Yasin, maka almarhum/almarhumah akan diringankan siksa kuburnya.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x