Tata Cara Tayamum Sesuai Sunnah Disertai Bacaan Niat Teks Arab, Latin, Artinya, dan Doa Setelah Tayamum

- 16 Mei 2022, 19:00 WIB
Tata cara tayamum sesuai Sunnah disertai bacaan niat teks Arab, latin, artinya, dan doa setelah tayamum.
Tata cara tayamum sesuai Sunnah disertai bacaan niat teks Arab, latin, artinya, dan doa setelah tayamum. /PIXABAY/Pezibear

BERITA DIY - Berikut merupakan tata cara tayamun yang benar dan sesuai Sunnah. Simak selengkapnya karena di dalam artikel ini akan dibahas pula bacaan niat tayamum teks Arab, ejaan latin, dan artinya.

Tayamum adalah salah satu cara untuk mensucikan diri dari hadast kecil ketika umat Islam hendak melakukan ibadah. Tayamum dilakukan dalam hanya ketika dalam kondisi mendesak dan apabila dalam kondisi normal, mensucikan diri lebih diutamakan dengan berwudhu.

Tayamum adalah salah satu kemudahan yang diberikan ketika ingin mensucikan diri namun menemukan situasi yang tidak memungkinkan. Tayamum dilakukan cukup menggunakan debu dan hanya mengusap wajah dan tangan hingga siku.

Baca Juga: Pengertian Tayamum Secara Bahasa dan Istilah Beserta Tata Caranya, Apa Maknanya Menurut Etimologis?

Buya Yahya menjelaskan dalam laman Youtube Al-Bahjah TV pada 6 Juni 2018 mengenai tata cara tayamum yang benar dan sesuai Sunnah. Menurutnya, kesalahan yang sering terjadi dan menyebabkan tayamum menjadi tidak sah yakni dalam memukul kedua telapak tangan pada sisi tertentu seperti tembok atau meja.

Kesalahan yang sering dilakukan adalah ketika melakukan tayamum, hanya dengan sekali pukulan pada sisi tempat tayamum. Padahal seharusnya, pukulan harus dilakukan sebanyak dua kali untuk memenuhi salah satu syarat sah dari tayamum.

Berikut merupakan tata cara pelaksanaan tayamum:

1. Membaca niat sebagai berikut :

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لِاسْتِبَاحَةِ الصَّلَاةِ للهِ تَعَالَى

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x