Apa itu Penyakit Mulut dan Kuku pada Hewan Ternak? Ini Ciri Hewan yang Sudah Terinfeksi dan Cara Pencegahan

- 13 Mei 2022, 09:36 WIB
 Ilustrasi penyakit mulut dan kuku pada hewan. Apa itu penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak? Ini ciri hewan yang sudah terinfeksi dan cara pencegahan.
Ilustrasi penyakit mulut dan kuku pada hewan. Apa itu penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak? Ini ciri hewan yang sudah terinfeksi dan cara pencegahan. /PIXABAY/@milesz

BERITA DIY - Simak apa itu penyakit mulut dan kuku yang kini sedang marak terjadi dan menginfeksi hewan ternak?. Di bawah ini terdapat ciri-ciri hewan yang sudah terinfeksi penyakit tersebut dan cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.

Dikutip BERITA DIY dari laman Pacitankab. Penyakit mulut dan kuku (PMK) atau foot and mouth disease (FMD) merupakan salah satu penyakit hewan yang menular dan bersifat akut.

PMK terjadi karena disebabkan oleh virus tipe A dari Family Picornaviridae Genus Alphavirus.

PMK dapat menyebabkan luka menyakitkan dan lecet pada kaki, mulut, dan puting hewan ternak yang terinfeksi, penyakit ini berpotensi mengalami penyebaran yang cepat.

Baca Juga: Penjelasan Hepatitis Akut Adalah Apa Menurut WHO, Gejala dan Cara Mencegah Penyakit dari Anak

Dikutip BERITA DIY dari laman BBKP Tanjung Priok, berdasarkan Kepmentan No. 3238/Kpts/PD.630/9/2009 tentang Penggolongan Jenis-Jenis Hama Penyakit Hewan Karantina, Penggolongan, dan Klasifikasi Media Pembawa, PMK termasuk dalam Hama Penyakit Hewan Karantina Golongan I.

Hewan yang dapat terinfeksi penyakit mulut dan kuku yaitu hewan berkuku belah atau bercabang dua seperti sapi, babi, domba, kambing, rusa, dan hewan berkuku belah lainnya.

Selain hewan berkuku belah juga terdapat beberapa hewan lain yang rentan terinfeksi PKM yaitu landak, armadillo, gajah, capybara, dan tikus.

Baca Juga: Perkembangan Penyakit Hepatitis Akut di Indonesia: Ketahui Gejala, Cara Mencegah Penularan, dan Jumlah Kasus

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x