Bacaan Niat Sholat Jumat Tulisan Arab, Latin dan Artinya, Lengkap dengan Rukun dan Syarat Sah Sholat Jumat

- 12 Mei 2022, 19:10 WIB
ilustrasi -  bacaan niat Sholat Jumat tulisan Arab, latin, dan artinya lengkap dengan rukun,  syarat sah, dan tata cara  Sholat Jumat.
ilustrasi - bacaan niat Sholat Jumat tulisan Arab, latin, dan artinya lengkap dengan rukun, syarat sah, dan tata cara Sholat Jumat. /Pexels/@chattrapal

BERITA DIY - Bacaan niat Sholat Jumat tulisan Arab, latin, dan artinya lengkap dengan rukun dan syarat sah Sholat Jumat tersedia di sini.

Sholat Jumat merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan bagi umat muslim laki-laki yang sudah baligh.

Pelaksanakan Sholat Jumat Wajib dilaksanakan secara berjamah di Masjid pada waktu Sholat Dhuhur.

Baca Juga: Teks Ceramah Khutbah Sholat Jumat Terakhir Ramadhan 2022 tentang 'Zakat Meminimalisir Jurang Kaya dan Miskin'

Seperti yang disampaikan oleh Rasulullah SAW dalam hadistnya yang berbunyi:

“Shalat Jumat itu hak yang wajib dikerjakan oleh tiap-tiap orang Islam dengan berjamaah, kecuali empat macam orang, (1) Hamba sahaya yang dimiliki, (2) perempuan, (3) anak-anak, (4) orang sakit.” (HR. Abu Dawud dan Hakim).

Sholat Jumat dilaksanakan sebanyak dua rakaat yang mana sebelum pelaksanaakan Sholat Jumat diawali dengan dua Khutbah Jumat oleh Khatib.

Untuk tata cara pelaksanaan Sholat Jumat sendiri tidak ada perbedaan dengan sholat Wajib atau Sunah pada umumnya, namun yang membedakan adalah niatnya.

Baca Juga: Bacaan Niat Qobliyah Sholat Jumat 2 Rakaat Sebelum Jumatan, Tulisan Arab, Latin dan Artinya Indonesia

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x