Bacaan Niat Puasa Syawal 6 Hari Sunnah dalam Arab, Latin, dan Terjemah, Dilengkapi Tata Cara dan Keutamaannya

- 9 Mei 2022, 15:10 WIB
Bacaan niat puasa sunnah Syawal enam hari dalam bahasa Arab, Latin, dan terjemahannya, lengkap tata cara dan keutamaan berpuasa Syawal yang melengkapi puasa Ramadhan kemarin.
Bacaan niat puasa sunnah Syawal enam hari dalam bahasa Arab, Latin, dan terjemahannya, lengkap tata cara dan keutamaan berpuasa Syawal yang melengkapi puasa Ramadhan kemarin. / PEXELS/khats cassim

BERITA DIY – Simak informasi mengenai bacaan niat puasa sunnah Syawal enam hari dengan bahasa Arab, Latin, dan terjemah serta tata cara dan keutamaan melakukan puasa Syawal.

Setelah melakukan ibadah wajib untuk berpuasa selama sebulan pada bulan Ramadhan kemarin, ada ibadah lain yang bisa dilakukan oleh kita umat Islam dalam rangka menyempurnakan ibadah puasa kemarin.

Dalam bulan Syawal ini, ada ibadah sunnah yang bisa dilakukan oleh umat Islam untuk mendapatkan pahala yang makin berlimpah.

Baca Juga: Kapan Mulai dan Batas Akhir Puasa Syawal 2022? Lengkap Ketentuan dan Niat Puasa Syawal Latin Full

Ibadah tersebut adalah puasa Syawal yang dilakukan selama enam hari dalam rangkaian bulan suci tersebut dan termasuk dalam ibadah yang masyru’ (disyariatkan)

Hal ini juga termaktub dalam Hadis Riwayat no. 5/2680 yang berbunyi:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ فَشَهْرٌ بِعَشَرَةِ أَشْهُرٍ وَصِيَامُ سِتَّةِ أَيَّامٍ بَعْدَ الْفِطْرِ فَذَلِكَ تَمَامُ صِيَامِ السَّنَةِ

Artinya: Barang siapa berpuasa Ramadhan, satu bulan seperti sepuluh bulan dan berpuasa enam hari setelah hari Idul Fitri, maka itu merupakan kesempurnaan puasa setahun penuh. (HR Ahmad: 5/280).

Mengenai tata cara pelaksanaannya, Syaikh Abdul Aziz bin Baz dalam kitab Majmu’ Fatwa wal Maqalat Mutanawwi’ah menjelaskan puasa Syawal enam hari ini sunnah karena memiliki dasar yang jelas dari tindakan Nabi Muhammad SAW.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x