Sholat Tahajud Berapa Rakaat? Begini Tata Cara, Bacaan Niat, dan Doa yang Sering Dibaca Rasulullah SAW

- 5 Mei 2022, 15:10 WIB
Ilustrasi - Informasi mengenai berapa jumlah rakaat sholat tahajud lengkap dengan tata cara, bacaan niat, dan doa yang sering dibaca Rasulullah Saw setelah sholat.
Ilustrasi - Informasi mengenai berapa jumlah rakaat sholat tahajud lengkap dengan tata cara, bacaan niat, dan doa yang sering dibaca Rasulullah Saw setelah sholat. / PIXABAY/@chiplanay
BERITA DIY- Berikut merupakan informasi mengenai berapa jumlah rakaat sholat tahajud lengkap dengan tata cara, bacaan niat, dan doa yang sering dibaca Rasulullah SAW setelah sholat.
 
Sholat yang kerap ditunaikan ketika manusia sedang terlelap dalam mimpi indahnya ini memang anjuran langsung dari Allah dan barangsiapa mengerjakannya akan mendapatkan apa yang dijanjikan oleh-Nya. Firman Allah dalam QS Al Isra ayat 79:
 
وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا
 
“Dan pada sebagian malam hari bertahajud lah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.”

 
Mengutip dari situs resmi Pondok Pesantren Lirboyo, mengenai jumlah rakaat untuk melaksanakan sholat tahajud, ibadah sholat sunnah mutlak ini bisa dikerjakan minimal 2 rakaat dan tidak ada batas maksimal.
 
Terkait dengan waktu pelaksanaannya ialah setelah sholat isya hingga sebelum waktu subuh. (Berdasarkan HR. al-Bukhari dan Muslim dari ‘Aisyah). 
 
Namun yang paling baik adalah pada sepertiga akhir malam (berdasarkan HR. Ahmad, Muslim, Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Jabir).
 
 
Adapun tata cara sholat tahajud sama dengan sholat sunnah qobliyah atau ba'diyah, namun dengan niat yang berbeda dan dua rakaat kemudian salam, lalu dilanjutkan dengan rakaat lain.
 
Niat sholat tahajud:
 
أُصَلِّى سُنَّةَ التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى
Usholli sunnatattahaajudi rok'ataini sunnatallillahi ta'aala
 
“Aku niat shalat tahajjud dua rakaat, sunnah karena Allah Ta’ala.”
 
 
Doa setelah sholat tahajud:
 
Mengutip dari laman resmi Muhammadiyah, di antara  doa-doa yang dibaca Rasulullah SAW setelah menunaikan sholat tahajud adalah sebagai berikut:
 
1. Berdasarkan hadis riwayat al-Bukhari dan Muslim dari Ibnu Abbas:
 
اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِي قَلْبِي نُورًا وَفِي بَصَرِي نُورًا وَفِي سَمْعِي نُورًا وَعَنْ يَمِينِي نُورًا وَعَنْ يَسَارِي نُورًا وَفَوْقِي نُورًا وَتَحْتِي نُورًا وَأَمَامِي نُورًا وَخَلْفِي
نُورًا وَاجْعَلْ لِي نُورًا.
 
Artinya: “Ya Allah, berikanlah di dalam hatiku cahaya, di dalam penglihatanku cahaya, di dalam pendengaranku cahaya. Dan (berikanlah) cahaya dari sebelah kananku, cahaya dari sebelah kiriku, cahaya dari atasku, cahaya di bawahku, cahaya di depanku, cahaya di belakangku, dan berikanlah cahaya pada seluruh tubuhku.”
 
 
2. Berdasarkan riwayat Muslim dari Aisyah:
 
اللَّهُمَّ أَعُوذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَبِمُعَافَاتِكَ مِنْ عُقُوبَتِكَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْكَ لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ.
 
Artinya: “Ya Allah, aku berlindung dengan ridha-Mu dari kemurkaan-Mu, dan dengan keselamatan-Mu dari siksa-Mu. Aku berlindung kepada-Mu dari (siksa)-Mu. Aku tidak dapat lagi menghitung pujian yang ditujukan kepada-Mu. Engkau adalah sebagaimana pujian-Mu terhadap diri-Mu sendiri.”
 
3. Berdasarkan hadis riwayat al-Bukhari dan Muslim dari Ibnu Abbas:
 
اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُورُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَنْ فِيهِنَّ أَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَقَوْلُكَ الْحَقُّ وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّونَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ اللَّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ أَنْتَ إِلَهِي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ.
 
Artinya: “Ya Allah, hanya bagi-Mu segala pujian, Engkau cahaya (penerang) langit dan bumi. Hanya bagi-Mu segala pujian, Engkau Penegak langit dan bumi. Hanya bagi-Mu segala pujian, Engkau Yang Mengatur langit dan bumi beserta isinya. Engkau adalah Dzat yang haq. Janji-Mu adalah benar. Firman-Mu adalah benar. Perjumpaan dengan-Mu adalah benar. Surga adalah nyata. Neraka adalah nyata. Para nabi adalah benar. Hari kiamat adalah nyata. Ya Allah, hanya untuk-Mu aku berserah diri. Hanya kepada-Mu aku beriman. Hanya kepada-Mu aku bertawakal. Hanya kepada-Mu aku kembali. Hanya atas pertolongan-Mu aku berjuang. Hanya kepada-Mu aku mohon keadilan. Maka ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang, yang aku lakukan secara sembunyi-sembunyi dan yang terang-terangan. Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan selain Engkau.”
 
 
Itulah informasi mengenai berapa jumlah rakaat sholat tahajud lengkap dengan tata cara, bacaan niat, dan doa yang sering dibaca Rasulullah SAW setelah sholat.***

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x