Niat Puasa Syawal Sesuai Sunnah Disertai Keutamaan dan Tata Cara Puasa 6 Hari di Bulan Syawal

- 4 Mei 2022, 20:09 WIB
Niat puasa Syawal sesuai sunnah disertai keutamaan dan tata cara puasa 6 hari di bulan Syawal.
Niat puasa Syawal sesuai sunnah disertai keutamaan dan tata cara puasa 6 hari di bulan Syawal. /PIXABAY/mohamed_hassan
BERITA DIY - Berikut niat puasa Syawal sesuai sunnah lengkap dari teks Arab, ejaan latin, dan artinya. Simak selengkapnya keutamaan dan tata cara puasa 6 hari di bulan Syawal.

Dalam menjalankan ibadah, tentunya harus dibarengi dengan pemahaman terkait dengan niat, keutamaan, dan tata cara pelaksanaan. Artikel ini akan mengulas beberapa hal tersebut guna menambah wawasan dan semangat untuk menjalankan ibadah Sunnah puasa Syawal.

Puasa Syawal merupakan salah satu amalan sunnah yang memiliki keistimewaan bagi umat Islam yang menjalankan. Hal tersebut dikarenakan ganjaran yang diberikan kepada yang melaksanakan ibadah tersebut dinilai sangat besar.
Baca Juga: Apakah Puasa Syawal Harus 6 Hari Berturut-turut? Ini Niat dan Keutamaan Berpuasa Setelah Hari Idul Fitri 2022

Pendapat tersebut disampaikan oleh Ustadz Adi Hidayat melalui laman Youtube Adi Hidayat Official pada 3 Mei 2022. Dengan didasarkan pada hadist yang diriwayatkan oleh Imam Muslim menyampaikan bahwa puasa Ramadhan yang disambung dengan puasa 6 hari di bulan Syawal maka ia seperti berpuasa sepanjang tahun.

"Barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadhan, lalu menyambungnya dengan berpuasa 6 hari di bulan Syawal, maka dia seperti berpuasa sepanjang tahun (HR Muslim)," tuturnya ketika menyampaikan keistimewaan puasa Syawal melalui hadist tersebut.

Adi Hidayat menjelaskan bahwa pelaksanaan puasa Syawal dapat dilakukan sepanjang bulan Syawal. Namun sebaiknya pelaksanaan ibadah dimulai sejak hari ke-2 atau lebih pada bulan Syawal dan menggunakan hari pertama bulan Syawal untuk kembali menyambung silaturahmi dengan kerabat.
Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Sunnah Syawal yang Dibaca Malam dan Pagi Hari dalam Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Selain itu Adi Hidayat juga menyampaikan tata cara pelaksanaan ibadah puasa Syawal. Adi Hidayat menjelaskan bahwa teknis pelaksanaan dapat dilakukan secara berurutan atau secara berselang namun tetap dalam bulan Syawal selama 6 hari berpuasa.

"Penunaian ibadah puasa Sunnah di bulan Syawal selama 6 hari bisa dilakukan dengan cara berurutan dari hari ke-2,3,4,5,6, dan 7 secara berurutan, atau dilakukan secara berselang," ucap Adi Hidayat ketika menjelaskan tentang tata cara pelaksanaan puasa Syawal.

Pelaksanaan ibadah puasa Syawal tentu harus diawali dengan pembacaan niat terlebih dahulu. Berikut ini merupakan niat puasa sunnah bulan Syawal teks Arab, ejaan latin, dan artinya:
 
Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Sunnah Syawal, Tulisan Arab, Latin dan Arti Bahasa Indonesia serta Keutamaannya

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ سِتَّةٍ مِنْ شَوَّالٍ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Nawaitu shouma ghodin 'an sittatin min syawwaalinn sunnatan lillaahi ta'aalaa

Artinya: "Aku berniat puasa besok dari enam hari Syawal, sunnah karena Allah Ta'ala,".

Demikian informasi mengenai niat puasa Syawal sesuai sunnah. Simak selengkapnya hingga keutamaan dan tata cara pelaksanaan puasa sunnah 6 hari di bulan Syawal.***

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x