Amalan Sunnah Sebelum Sholat Idul Fitri Tuntunan dari Kemenag: Pakai Pakaian Terbaik hingga Wewangian

- 1 Mei 2022, 19:55 WIB
Amalan Sunnah Sebelum Sholat Idul Fitri Tuntunan dari Kemenag: Pakai Pakaian Terbaik dan Wewangian
Amalan Sunnah Sebelum Sholat Idul Fitri Tuntunan dari Kemenag: Pakai Pakaian Terbaik dan Wewangian /Pixabay/Abdullah_shakoor

BERITA DIY -  Berikut ini amalan sunnah sebelum menunaikan sholat Idul Fitri 1443 H tuntunan dari Kenterian Agama Provinsi Sumatera Selatan.

Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu hari besar umat Islam. Sudah seharusnya kemenangan ini dirayakan bersama sama.

Rasulullah sallallahu alaihi wa sallam telah mencontohkan beberapa amalan yang baik dilakulan sebelum pelaksanaan sholat.

Inilah 7 amalan sunnah sebelum pelaksanaan sholat Idul Fitri seperti dalam booklet Tuntunan Sholat Idul Fitri Bersama Keluarga Dimasa Pandemi Covid-19 yang diedarkan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan.

Baca Juga: Ucapan Lebaran Idul Fitri 2022 Anti Mainstream untuk Orang Terkasih, Cocok Dibagikan Lewat WhatsApp dan Instag

1. Mengumandangkan takbir

Mengumandangkan takbir di masjid-masjid. mushola, dan rumah-rumah pada malam hari raya, sejak terbenamnya matahari sampai imam naik ke mimbar untuk berkhutbah pada Hari Raya Idul Fitri.

2. Mandi sebelum sholat Ied

Nabi selalu mandi sebelum berangkat ke tempat Ied, baik sholat Idul Fitri maupun Idul Adha.

Dalam hadis riwayat Ibnu Majah, Nabi bersabda: "dan dari Amdullah bin Abbas Raliyullah Anhuma, ia berkata, bahwasannya Nabi SAW mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha."

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x