Cara Cek Penerima Bansos PBI 2022 Lewat HP, Cukup Pakai Nama dan Alamat: Berapa Besarannya dan Kapan PBI Cair?

- 28 April 2022, 13:10 WIB
Ilustrasi- Cara cek penerima bansos PBI 2022 lewat HP secara online, cukup pakai nama dan alamat lengkap, lalu berapa besarannya dan kapan PBI cair?
Ilustrasi- Cara cek penerima bansos PBI 2022 lewat HP secara online, cukup pakai nama dan alamat lengkap, lalu berapa besarannya dan kapan PBI cair? /Tangkap layar jaga.id

BERITA DIY - Simak cara cek penerima bansos PBI 2022 lewat HP secara online, cukup pakai nama dan alamat lengkap, lalu berapa besarannya dan kapan PBI cair?

PBI atau Penerima Bantuan Iuran merupakan bansos untuk masyarakat Indonesia yang memenuhi kriteria tertentu untuk menerima bantuan iuran jaminan kesehatan yang dibayarkan oleh pemerintah.

Oleh karena itu, peserta PBI tidak perlu membayarkan iuran tiap bulan dan tetap dapat mendapat pelayanan kesehatan di faskes yang telah bekerjasama dengan BPJS.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu PDSI Organisasi Profesi Dokter Indonesia yang Diduga Saingi IDI Usai Kasus Terawan

Bansos PBI diberikan kepada masyarakat fakir atau orang yang tidak mampu yang ditetapkan oleh Menteri Sosial agar tetap mendapatkan fasilitas jaminan kesehatan.

Jaminan kesehatan bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada peserta untuk memperoleh manfaat pemeliharaan kesehatan.

Lalu berapa besaran PBI yang diterima setiap peserta? Iuran PBI yang dibayarkan oleh pemerintah sebesar Rp42.000 dan akan langsung dibayarkan ke BPJS.

Baca Juga: Bacaan Tahlil Lengkap NU, Bahasa Arab dan Latin untuk Ziarah Kubur Jelang Lebaran 2022 Idul Fitri 1443 H

PBI akan cair setiap bulan dan akan langsung masuk ke BPJS. Jadi penerima bansos PBI tidak dapat mencairakannya dalam bentuk uang.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x