Apa Itu Antibodi Monoklonal? Bisa Menjadi Pengganti Vaksinasi Covid-19? Ini Tingkat Efektivitasnya

- 14 April 2022, 20:30 WIB
Ilustrasi - Simak apa itu antibodi monoklonal, sebuah metode perawatan dari infeksi Covid-19. Sejauh apa efektivitas metode antibodi monoklonal.
Ilustrasi - Simak apa itu antibodi monoklonal, sebuah metode perawatan dari infeksi Covid-19. Sejauh apa efektivitas metode antibodi monoklonal. /Pixabay/geralt

BERITA DIY - Simak apa itu antibodi monoklonal, sebuah metode perawatan dari infeksi Covid-19. Apakah bisa menjadi pengganti vaksinasi Covid-19 dan sejauh apa efektivitas metode antibodi monoklonal.

Untuk memulihkan kesehatan dari infeksi virus SARS-CoV-2 atau Covid-19, banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya ialah dengan terapi antibodi monoklonal.

Mengutip website resmi Siloam Hospitals pada 14 April 2022, terapi antibodi monoklonal telah mendapatkan izin dari Food and Drugs Administration (FDA) per Februari 2021.

Baca Juga: Syarat Mudik Lebaran 2022: Vaksin Covid-19, Tes Antigen, dan Bakal Ada Penyekatan di Jalur Mudik?

Masih dari website yang sama, terapi antibodi monoklonal menggunakan dua jenis obat, yakni etesevimab dan bamlanivimab.

Bicara hasil, ternyata terapi antibodi monoklonal punya hasil yang cukup positif dalam hal keamanan, efektivitas, dan efikasi untuk menanggulangi infeksi Covid-19.

Bahkan, Siloam Hospitals dengan berani menyatakan bahwa terapi antibodi monoklonal memiliki efektivitas yang menjanjikan dibanding metode lainnya dalam hal penanganan Covid-19.

Baca Juga: Hukum Suntik Vaksin Covid-19 Saat Puasa Ramadhan, Membatalkan Puasa?

Lalu, apa sebenarnya antibodi monoklonal itu?

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x