Cara Memanaskan Motor yang Benar untuk Mesin Sistem Injeksi dan Karburator Sebelum Digunakan

- 11 April 2022, 07:02 WIB
Ilustrasi cara memanasakan motor yang benar sebelum digunakan untuk mesin sistem injeksi dan karburator.
Ilustrasi cara memanasakan motor yang benar sebelum digunakan untuk mesin sistem injeksi dan karburator. /pixabay.com/cloney

BERITA DIY - Memanaskan motor yang benar sebelum digunakan penting dilakukan baik untuk mesin injeksi atau karburator. Cara memanaskan motor yang benar untuk mesin injeksi dan karburator akan tersaji dalam artikel ini.

Memanaskan motor menjadi hal yang penting untuk dilakukan oleh pengendara untuk mencegah gesekan dan menjaga performa mesin.

Tujuan dari memanaskan motor yang akan digunakan antara lain untuk melancarkan sirkulasi oli ke mesin sehingga dapat terlumasi dengan baik serta membantu mesin bekerja optimal dalam suhu yang sesuai.

Baca Juga: Mengapa Kita Perlu Memanaskan Mesin Mobil yang Lama Tidak Digunakan? Ini Penjelasannya

Maka dari itu, memanaskan mesin injeksi atau karburator pada motor yang akan digunakan perlu dilakukan agar mesin dapat bekerja secara optimal dan menghindari gangguan kerja mesin yang tidak diinginkan.

Waktu memanaskan motor pun tidak perlu terlalu lama, cukup luangkan waktu selama 2-10 menit saja tergantung pada sistem mesin yang digunakan.

Saat ini, sebagian besar motor menggunakan mesin dengan sistem pembakaran injeksi karena kelebihannya yakni lebih irit bahan bakar dan mudah dalam perawatan.

Memanaskan motor dengan mesininjeksi dan karburator cukup berbeda. Berikut ini adalah cara memanaskan motor dengan mesin injeksi dan karburator:

Baca Juga: Tips Ganti Oli Agar Mesin Motor Tetap Sehat Selama Pandemi

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x