Apakah Sah Puasa Tapi Belum Mandi Wajib? Ini Tata Cara dan Niat Mandi Junub atau Besar di Siang Hari

- 6 April 2022, 11:29 WIB
Ilustrasi mandi wajib. Jawaban fiqih Islam dari apakah sah puasa tapi belum mandi wajib? Serta hukum, tata cara dan niat mandi junub atau mandi besar di siang hari.
Ilustrasi mandi wajib. Jawaban fiqih Islam dari apakah sah puasa tapi belum mandi wajib? Serta hukum, tata cara dan niat mandi junub atau mandi besar di siang hari. /PIXABAY/Public Domain Pictures

BERITA DIY - Sejumlah umat Islam bertanya apakah sah puasa tapi belum mandi wajib? Serta hukum, tata cara dan niat mandi junub atau mandi besar di siang hari.

Diketahui, hukum puasa bagi seseorang yang belum melaksanakan mandi besar hingga siang hari pada dasarnya tetap diperbolehkan.

Dengan arti, puasa tidak batal. Namun, sebaiknya bagi seseorang yang punya hadas besar, dianjurkan segera melaksanakan mandi junub.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa Tanpa Membatalkan Puasa, dr Saddam Ismail: Pakai Cara Ini Ampuh

Namun, jika berhubungan badan di siang hari kemudian melaksanakan mandi junub usainya, puasa tetap dihitung batal.

Pasalnya, puasa adalah perbuatan menahan diri dari segala hal yang membatalkan, seperti makan, minum hingga hubungan suami-istri.

Puasa tak batal yakni ketika melakukan hubungan badan, atau mimpi basah atau selesainya haid pada perempuan di malam hari, namun baru punya kesediaan mandi junub di siang hari keesokan harinya.

Baca Juga: Buka Puasa Jam Berapa? Jadwal Maghrib Hari Ini 6 April 2022 di 5 Wilayah: Padang, Bengkulu, Medan, hingga Bali

Dalam pandangan fiqih, persoalan seperti demikian puasa tetap sah. Pun telah melafalkan niat di malam hari.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x