Cara Mendapatkan STB TV Digital Gratis dari Pemerintah: Cukup Daftar di Aplikasi Cek Bansos, Ikuti Langkah Ini

- 19 Maret 2022, 08:50 WIB
Ilustrasi - Cara mendapatkan STB TV Digital gratis dari Pemerintah, cukup daftar di Aplikasi Cek Bansos dan ikuti langkah ini.
Ilustrasi - Cara mendapatkan STB TV Digital gratis dari Pemerintah, cukup daftar di Aplikasi Cek Bansos dan ikuti langkah ini. /PIXABAY/Victoria_Borodinova

BERITA DIY - Cara mendapatkan STB TV Digital gratis dari Pemerintah, caranya mudah cukup daftar di Aplikasi Cek Bansos dan ikuti langkah ini.

Dalam rangka mendukung ASO atau Analog Switch Off yang menjadi salah satu program Pemerintah pada akhir April 2022, pemerintah melalui Kominfo dan Kemensos mulai membagikan STB atau Set Top Box gratis.

Melalui ASO, Pemerintah berencana untuk melakukan migrasi siaran TV Analog ke siaran TV Digital. Pelaksanaan ASO akan dibagi menjadi tiga tahap.

Baca Juga: Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal IPA Kelas 8 SMP Semester 2: Struktur dan Fungsi Sistem Ekskresi Manusia

Tahap pertama akan dilaksanakan pada 30 April 2022 di 166 kabupaten atau kota. Lalu tahap kedua direncanakan paling lambat 25 Agustus 2022 di 110 kabupaten atau kota dan tahap ketiga direncanakan pada 2 November 2022 di 65 kabupaten atau kota.

Peralihan siaran ini akan membuat masyarakat mendapatkan berbagai manfaat seperti siaran TV dengan kualitas gambar dan suara yang lebih jernih, dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, dan terdapat fitur Early Warning System untuk memberikan peringatan dini apabila akan terjadi bencana.

Selain itu, masyarakat tidak perlu membayar atau berlangganan untuk menikmati siaran TV Digital. Masyarakat tidak diharuskan untuk membeli TV baru, sebab TV Analog dapat di-upgrade menjadi untuk menerima siaran TV Digital dengan memasang STB.

Baca Juga: Jadwal Semifinal All England 2022 Hari Ini, Sabtu 19 Maret Live iNews TV Online Lengkap, Jam Berapa?

STB gratis yang diberikan termasuk dalam kategori bansos, yang akan diberikan kepada masyarakat miskin yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan setidaknya memiliki satu TV Analog.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x