Hewan yang Lebih Dianjurkan untuk Dijadikan Kurban Menurut Ustadz Khalid Basalamah

- 3 Maret 2022, 16:10 WIB
ilustras -  Domba dan kambing merupakan hewan yang sangat adhol dan sangat dianjurkan untuk dijadikan hewan kurban.
ilustras - Domba dan kambing merupakan hewan yang sangat adhol dan sangat dianjurkan untuk dijadikan hewan kurban. /pixabay.com/@khoinguyenfoto

BERITA DIY- Ibadah kurban merupakan salah satu ibadah yang dilakukan bagi umat muslim yang mampu. Prosesnya adalah dengan melakukan penyembelihan hewan ternak untuk dipersembahkan kepada Allah SWT.

Berkurban merupakan simbol rasa syukur umat muslim atas segala nikmat yang telah Allah SWT berikan dengan cara berbagi daging kurban kepada sesama. Ibadah kurban dilakukan pada setiap 10 Dzulhijjah.

Kurban berasal dari kata qarraba-qurbaanan yang artinya mendekatkan. Hukum ibadah kurban adalah sunnah muakkadah. Namun, para ulama berpendapat bahwa hukum kurban akan menjadi wajib bagi orang yang mampu.

Baca Juga: Profil dan Biodata Putra Siregar: Bos PS Store yang Sumbang Seribu Hewan Kurban dan Beri Duit Atta Halilintar

Perintah untuk menunaikan kurban terdapatdalam Al-quran surat Al-Kautsar ayat 1-2. Allah SWT berfirman:

اِنَّآ اَعْطَيْنٰكَ الْكَوْثَرَۗ - ١ فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْۗ - ٢

Artinya: "Sungguh, Kami telah
memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak. Maka laksanakanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah)." (QS. Al Kautsar: 1-2).

Lantas Hewan apakah yang paling afdhol untuk dijadikan hewan kurban?

Ustadz Khalid Basalamah menerangkan dalam ceramahnya melalui kanal YouTube Muslim-saluran dakwah yang di-publish pada tanggal 29 Juli 2019.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x