Cara Mengisi eHAC untuk Perjalanan Kapal Laut Domestik dan Luar Negeri

- 3 Maret 2022, 14:55 WIB
Cara mengisi eHAC sebagai syarat perjalanan kapal laut.
Cara mengisi eHAC sebagai syarat perjalanan kapal laut. /Instagram.com/@kemenparekraf.ri

BERITA DIY – Ketahui cara mengisi electronik health card (eHAC) untuk para pelaku perjalanan kapal laut sebagai salah satu persyaratan untuk bepergian dalam antar kota, berikut ini.

Electronik Health Alert Card (eHAC) merupakan kartu kewaspadaan kesehatan yang dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia versi modern dari kartu manual yang digunakan sebelumnya.

Pemerintah meluncurkan sistem eHAC ini dilatarbelakangi dari meningkatnya isu penularan Covid19. eHAC menjadi alat kontrol untuk memonitor seluruh pelaku perjalanan yang datang ke Indonesia melalui pintu gerbang pelabuhan dan bandara.

Baca Juga: Syarat Pasien Omicron Bisa Isoman dan Cara Dapat Obat Covid-19 Gratis dari Kemenkes

eHac menjadi salah satu persyaratan untuk melakukan perjalanan dalam negeri menggunakan pesawat dan kapal laut di tengah pandemi Covid-19. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengisi dan memiliki eHAC.

Saat mengisi eHAC, calon penumpang diminta untuk menyertakan data diri, lokasi tujuan, daerah asal hingga mengisi gejala kesehatan yang dialami. Saat mendaftar dan mengisinya pun calon penumpang diminta untuk jujur termasuk soal penyakit yang sedang dialami.

Untuk mengisi eHAC dapat dilakukan melalui tiga cara yaitu melalui aplikasi eHAC Indonesia dan melalui situs inahac.kemenkes.go.id.

Baca Juga: Hal yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Jika Terinfeksi Covid-19, Apa Harus Melahirkan Caesar?

Berikut cara mengisi eHAC bagi para pelaku perjalanan dengan kapal laut melalui aplikasi eHAC Indonesia, selengkapnya.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x