Apa Arti Hari Rabu Abu? Berikut Makna dan Kapan Peringatan Sesuai dengan Liturgi Agama Katolik

- 26 Februari 2022, 16:29 WIB
Ilustrasi - Hari Rabu Abu akan jatuh pada 2 Maret 2022, apa arti dan makna Hari Rabu Abu? Berikut penjelasan sesuai dengan liturgi agama Katolik.
Ilustrasi - Hari Rabu Abu akan jatuh pada 2 Maret 2022, apa arti dan makna Hari Rabu Abu? Berikut penjelasan sesuai dengan liturgi agama Katolik. /pixabay/ ambroz

BERITA DIY – Hari Rabu Abu tahun 2022 akan jatuh pada 2 Maret 2022. Berikut pejelasan mengenai apa arti Hari Rabu Abu, beserta makna dan kapan peringatan yang sesuai dengan liturgi agama Katolik.

Hari Rabu Abu merupakan sebuah hari raya Katolik untuk melakukan puasa dan beribadah tetapi tidak wajib untuk dilakukan bagi umatnya.

Hari Rabu Abu bagi umat kristen memiliki makna sebagai tanda perkabungan, pertobatan, dan merendahkan diri menuju kemenangan kebangkitan Kristus.

Baca Juga: Jadwal Masa PraPaskah 2022 Umat Katolik, Dimulai Peringatan Rabu Abu hingga Hari Raya Paskah

Kutip dari laman diskominfo.sanggau.go.id, menyebutkan bahwa Hari Rabu Abu bagi umat Katolik merupakan hari pertama masa Prapaskah dalam liturgi tahun Gereja.

Hari Rabu Abu dimulai dari 40 hari sebelum Paskah tanpa menghitung hari minggu, atau 44 hari sebelum Paskah yang menyertakan hari Minggu.

Dalam waktu 40 hari ini perjuangan Yesus Kristus saat berpuasa selama 40 hari. Peringatan ini identik dengan melakukan ibadah serta penandaan salib menggunakan abu di dahi umat Katolik oleh iman.

Baca Juga: Mengenal Hari Raya Kristiani Kristen dan Katolik: Natal, Paskah, Pentakosta, hingga Kenaikan Yesus Kristus

Abu yang digunakan bukan sembarangan, tetapi abu yang digunakan berasal dari pembakaran salib daun palem yang disimpan oleh masing-masing umat sejak hari Minggu Palmarum pada tahun sebelumnya.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x