Cara Download KK atau Kartu Keluarga dari Dukcapil, Cetak Mandiri Menggunakan  HVS 80 Gram

- 3 Februari 2022, 13:24 WIB
Cara download file PDF Kartu Keluarga dari Dukcapil dengan mudah.
Cara download file PDF Kartu Keluarga dari Dukcapil dengan mudah. /Instagram.com/@humas_jabar

BERITA DIY – Ketahui cara download Kartu Keluarga (KK) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) dengan mudah dan dapat cetak mandiri menggunakan HVS A4 80 gram berikut ini.

Sejak masa pandemi Covid-19, proses pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) dilakukan secara digital dan online. Dinas Dukcapil menyediakan layanan online untuk mengurus akte kelahiran, akte kematian, surat pindah dan Kartu Keluarga (KK).

Proses digitalisasi ini tak hanya membuat masyarakat tidak perlu mengantre saat akan mengurus berbagai dokumen tersbut namun juga masyarakat dapat download dan cetak dokumen secara mandiri.

Baca Juga: Cara Buat dan Cetak Kartu Keluarga Bagi Pasangan Nikah Siri, Ini Penjelasan Kemendagri

Dikutip dari laman dukcapil.kemendagri.go.id, Dirjen Dukcapil Prof. Zudan Arif Fakrulloh mengatakan bahwa di masa Covid-19 ini Dukcapil menyediakan layanan online sehingga semua layanan dokumen kependudukan bisa dikirimkan langsung ke warga dalam bentuk file PDF lewat smart phone. 

“Dari file PDF itu warga bisa mencetak dokumen yang dibutuhkan dari rumah dengan printer menggunakan kertas HVS A4 80gram" jelas Dirjen Zudan dalam keterangannya Jumat 3 Agustus 2020 dikutip dari dukcapil.kemendagri.go.id.

Keabsahan dokumen Kartu Keluarga (KK) yang dicetak di atas kertas HVS 80 gram tersebut dijamin keasliannya dengan Kode QR sebagai ganti tanda tangan dan cap basah yang dapat dipindai menggunakan QR (quick response) scanner pada aplikasi di smartphone. 

Baca Juga: Cara Cek KK Online di Berbagai Daerah Mulai dari Bekasi hingga Surabaya Untuk Dapat Data Kartu Keluarga

Berikut cara download dan cetak Kartu Keluarga dari Dukcapil secara mandiri dengan mudah dirangkum dari laman Indonesia.go.id, selengkapnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: indonesia.go.id dukcapil.kemendagri.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x