Apa Itu OCD atau Obsessive Compulsive Disorder? Penyebab, Gelaja, hingga Cara Pengobatannya

- 27 Januari 2022, 20:33 WIB
ILUSTRASI - Pengertian OCD atau Obsessive Compulsive Disorder, penyebab, gelaja, dan cara pengobatannya.
ILUSTRASI - Pengertian OCD atau Obsessive Compulsive Disorder, penyebab, gelaja, dan cara pengobatannya. /Pexels/Nathan Cowley

BERITA DIY - Apa itu Obsessive Compulsive Disorder atau disingkat OCD, pengertian, penyebab OCD, gejala, hingga cara pengobatannya.

Kabar kurang sedap datang dari aktor Aliando Syarief yang baru saja bicara tentang kondisi kesehatan mentalnya. Ia mengakui tengah berjuang sembuh dari OCD esktrem yang dideritanya.

Lantas apa itu OCD?

Melansir dari psychiatry.org, OCD atau gangguan obsesif-kompulsif adalah gangguan di mana orang memiliki pikiran, ide, atau sensasi yang berualang dan sifatnya obsesif.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Imlek 2022, Wajib Ada dan Dipercaya Bawa Keberuntungan, Ini Makna Lengkapnya

Mereka yang menderita OCD merasa terdorong untuk melakukan sesuatu hal secara berulang (kompulsi). Perilaku berulang ini bisa seperti mencuci tangan, memeriksa barang-barang atau membersihkan, yang mana secara signifikan menganggu aktivitas harian.

Gangguan obsesif-kompulsif sering berpusat di sekitar tema tertentu, misalnya ketakutan berlebihan akan terkontaminas oleh kuman. Penderita OCD seperti kasus ini untuk meredakan ketakutan akan terkontaminasi, bisa melakukan cuci tangan secara kompulsif sampai terasa sakit dan pecah-pecah.

Penyebab

Meskipun tidak jelas apa yang menyebabkan ODC, beberapa faktor yang diketahui melansir dari White Swan Fondation adalah:

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Self Diagnosis? Berikut Ciri ciri dan Dampak yang Ditimbulkan bagi Kesehatan Mental

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah

Sumber: Mayo Clinic psychiatry.org White Swan Foundation


Tags

Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x