Tanggal Berapa Puasa Ramadhan 2022? Batas Waktu Qadha Puasa Tahun Lalu, Berikut Jawabanya

- 26 Januari 2022, 19:52 WIB
Ilustrasi - Berikut informasi bulan Ramadha tahun 2022.
Ilustrasi - Berikut informasi bulan Ramadha tahun 2022. /PEXELS/khats-cassim-556291

BERITA DIY - Tak terasa sebentar lagi memasuki Ramadhan 1443 Hijriah. Lalu, tanggal berapa puasa Ramadhan 2022 dimulai? Berikut penjelasannya lengkap dengan batas waktu qadha puasa tahun lalu.

Ramadhan tahun ini tak terasa tinggal menghitung hari. Umat muslim pun bersiap menyambut kedatangan bulan suci dengan suka cita.

Terlebih kepada mereka yang masih memiliki hutang puasa pada tahun sebelumnya seperti wanita yang sedang haid, musyafir, sakit, dan lain sebagainya dianjurkan untuk segera melunasi puasanya dengan melakukan qadha.

Baca Juga: Ramadhan 2022 Berapa Hari Lagi? Segera Bayar Hutang Puasa, Ini Bacaan Niat Puasa Qadha: Arab hingga Latin

Melakukan qadha puasa adalah wajib bagi mereka yang masih memiliki hutang puasa. Caranya adalah dengan berpuasa sesuai jumlah puasa yang ia tinggalkan pada Ramadhan sebelumnya.

Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur'an:

“Maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.” (QS. Al Baqarah: 185).  

Berdasarkan perhitungan kalender Hijriah, puasa pertama bulan Ramadhan 2022 diperkirakan jatuh pada tanggal 2 April 2022.

Sementara Kementrian Agama (Kemenag) RI belum memberikan rilisan jadwal puasa tahun ini.

Seperti diketahui, Kementerian Agama (Kemenag) RI menggunakan dua metode dalam menetapkan jadwal Ramadhan dan Idul Fitri, yakni hisab yang dikonfirmasi dengan rukyatul hilal.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x