PTM di Tengah Kasus Omicron, Simak Cara Ini untuk Hindari Omicron pada Anak

- 26 Januari 2022, 14:55 WIB
ILUSTRASI - PTM di tengah kasus omicorn, ini cara yang dapat dilakukan untuk hindari omicorn pada anak.
ILUSTRASI - PTM di tengah kasus omicorn, ini cara yang dapat dilakukan untuk hindari omicorn pada anak. /ANTARA FOTO/AMPELSA

BERITA DIY – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) masih terus berlanjut di tengah kasus Omicron yang semakin melonjak. Simak cara yang dapat dilakukan untuk hindari omicron pada anak-anak berikut ini.

Dilansir dari laman covid19.go.id, per tanggal 24 Januari 2022 kasus konfirmasi Omicron di Indonesia mencapai 1.600 kasus dengan tingkat perawatan di rumah sakit dan tingkat kematian pasian relatif lebih rendah dibanding varian Delta.

Sementara itu, menurut data dari Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta pada hingga Sabtu, 22 Januari 2022 yang lalu tercatat ada 90 sekolah menghentikan PTM karena ditemukan kasus positif Covid-19.

Baca Juga: Mengenal Varian Omicron, Ini Penjelasan Ahli Kesehatan tentang Varian Baru Covid-19 Serta Cara Mencegahnya

Total tersebut terdiri atas 120 siswa, 9 guru dan 6 tenaga pendidik yang tersebar di lima wilayah di Kota Jakarta. Sekolah yang menghentikan PTM sementara ini terdiri dari 11 TK, 25 SD, 17 SMP, 30 SMA dan 2 PKBM.

Tentu saja hal ini membuat khawatir para orang tua yang anak-anaknya masih menjalani PTM  di tengah kasus Omicron yang tengah meningkat. Varian Omicron Covid-19 sendiri telah dikatakan lebih mudah menyebar namun gejalanya lebih ringan.

Berikut beberapa cara yang sebaiknya dilakukan para orang tua untuk hindari Omicron pada anak saat pelaksanaan PTM menurut Dokter Sreenath Manikanti, konsultan senior neonatologis di Rumah Sakit Kauvery, Electronic City, Bangalore dirangkum dari The Indian Express.

Baca Juga: Temuan Baru di Siprus, Apa Itu DELTACRON yang Diduga Jadi Varian Baru Covid-19?

  1. Perlindungan dengan vaksinasi, khususnya pada anak usia di atas 15 tahun, orang dewasa dalam keluarga, hingga guru dan tenaga pendidik.
  2. Penerapan protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, menjaga jarak dan menjaga kebersihan tangan dengan cuci tangan atau penggunaan hand sanitizier.
  3. Mencegah penyebaran dalam keluarga, segera lakukan Isolasi pada siapa pun yang gejala ringan sekalipun dan lakukan tes.
  4. Carilah saran dari dokter anak baik secara langsung ke klinik atau konsultasi online sebagai upaya tindakan pencegahan.
  5. Pastikan tubuh terhidrasi dengan baik dan lakukan diet seimbang yang mengandung berbagai buah dan sayuran.

Baca Juga: Cek Fakta: Apakah Benar Florona Adalah Varian Baru Covid-19? Ini Negara yang Sudah Terjangkit 

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: The Indian Express covid19.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x