Resep Kue Bohong Khas Medan yang Cocok untuk Teman Ngopi

- 26 Januari 2022, 12:19 WIB
Ilustrasi - Resep dan cara membuat Kue Bohong khas kota Medan yang cocok untuk teman ngopi di pagi maupun sore hari.
Ilustrasi - Resep dan cara membuat Kue Bohong khas kota Medan yang cocok untuk teman ngopi di pagi maupun sore hari. /Tangkapan layar Youtube/Devina Hermawan.

BERITA DIY – Simak berikut ini resep dan cara membuat Kue Bohong khas kota Medan yang cocok untuk teman ngopi di pagi maupun sore hari.

Mungkin beberapa orang belum tahu ap aitu Kue Bohong. Kue Bohong merupakan sebutan lain dari Kue Bolang-Baling. Di Medan Kue Bolang-Baling disebutnya Kue Bohong.

Kue Bohong atau Bolang-Baling merupakan roti goreng berbentuk kubus atau balok, dengan kulit luar renyah berwarna cokelat muda dan diberi taburan gula atau wijen, dan bagian dalam kosong dan mengembang, sehingga tampak seperti bantal kecil.

Baca Juga: Resep Membuat Bola Bola Mie Tahu untuk Cemilan

Meskipun sering disebut sebagai kue, sebenarnya Kue Bohong adalah sejenis roti yang proses pematangannya dengan cara digoreng. Sejarah dan asal-usul nama bolang-baling belum diputuskan.

Hipotesis pertama, bolang-baling sama dengan kue bantal dan kue bantal dipercaya sebagai adaptasi lokal dari ham chim peng yang dibawa oleh keturunan Tionghoa yang kemudian sampai di Jawa Tengah.

Ada yang menduga, proses menggoreng "bolak-balik" beberapa kali supaya adonan mendapatkan panas yang merata dari minyak agar mengembang, berubah menjadi "bolang-baling".

Baca Juga: Resep Sup Ikan Kemangi, Wangi Aromatik Cocok Hangatkan Tubuh di Musim Hujan

Kue Bohong ini cocok sebagai teman ngopi dikala pagi ataupun sore hari, tekstur yang lembut dan gurih membuat kita semakin nikmat menikmati suasana yang santai.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x