Cara Perpanjangan SIM C Lewat Online di Aplikasi SINAR, Ini Berkas dan Biaya yang Harus Disiapkan!

- 24 Januari 2022, 20:50 WIB
Ilustrasi cara perpanjangan SIM C secara online di aplikasi SINAR pakai HP.
Ilustrasi cara perpanjangan SIM C secara online di aplikasi SINAR pakai HP. /PEXELS/fotios-photos

BERITA DIY - Tata cara perpanjangan SIM C dapat dilakukan secara online di aplikasi SINAR dengan lebih mudah tanpa harus menjalani administrasi yang berbelit. Cara perpanjangan SIM C online akan tersaji dalam artikel ini.

Cara perpanjangan SIM C online akan membuat masyarakat jadi lebih mudah untuk memperpanjang SIM C di tengah kondisi pandemi yang terjadi saat ini.

Meski demikian, perlu diketahui bahwa biaya yang harus dikeluarkan pemilik untuk melakukan perpanjangan SIM C tetaplah sama. Hal ini dikarenakan besaran biaya perpanjangan SIM C baik online atau offline diatur dalam Peraturan Pemerintah.

Baca Juga: SIM C Akan Dibagi Beberapa Golongan Berdasarkan Perpol Nomor 5 Tahun 2021, Ini Daftar dan Penjelasannya

Besaran biaya diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) termasuk perpanjangan SIM C secara online.

Biaya yang harus dikeluarkan pemilik untuk melakukan perpanjangan SIM C secara online atau offline adalah Rp75 ribu per pemilik.

Biaya Rp75 ribu yang dikeluarkan pemilik belum termasuk biaya yang dikeluarkan untuk kebutuhan administrasi seperti pembuatan surat keterangan sehat dan lain sebagainya.

Adapun berkas yang harus disediakan untuk melakukan perpanjangan SIM C online adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Penggolongan SIM A, SIM B, SIM C dan SIM D Berdasarkan Perpol No 5 Tahun 2021, Simak Fungsi dan Peruntukannya

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x